Faktor-Faktor Determinan Keprofesionalan Guru Bidang Teknologi Kejuruan Yang Berkarakter Teacherpreneur,

Mahendra, Sena and Soenarto, Soenarto (2021) Faktor-Faktor Determinan Keprofesionalan Guru Bidang Teknologi Kejuruan Yang Berkarakter Teacherpreneur,. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sena mahendra-15702261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur di Kota Semarang; (2) pengaruh langsung dan tidak langsung faktor internal dan faktor eksternal terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur di Kota Semarang; (3) model hubungan variabel-variabel yang mempengaruhi keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur di Kota Semarang teruji secara empiris didukung oleh fakta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto korelasional, dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 309. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 265 responden, yang ditetapkan menggunakan teknik stratified random sampling, yaitu menentukan responden berdasarkan beberapa kategori yang telah ditetapkan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Faktor internal dan faktor eksternal memberikan dampak yang positif terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur. Nilai signifikansi pengaruh variabel-variabel pada faktor internal dan faktor eksternal termasuk dalam kategori siginifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor internal dan faktor eksternal memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur. (2) Hasil analisis jalur menunjukkan bahwa; a. Pengaruh langsung lingkungan keluarga terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur signifikan. Demikian juga pengaruh tidak langsung melalui pengalaman kerja dan sikap signifikan. Namun pengaruh tidak langsung melalui motivasi kerja tidak signifikan; b. Pengaruh langsung lingkungan kerja terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur tidak signifikan. Demikian juga pengaruh tidak langsung melalui sikap tidak signifikan. Namun pengaruh tidak langsung melalui pendidikan dan pelatihan dan motivasi kerja signifikan, serta pengaruh tidak langsung melalui pengalaman kerja signifikan; c. Pengaruh langsung lingkungan sosial masyarakat terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur signifikan. Demikian juga pengaruh tidak langsung melalui pengalaman kerja dan sikap signifikan. Namun pengaruh tidak langsung melalui motivasi kerja tidak signifikan; d. Faktor psikologis berupa Pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, motivasi kerja, dan sikap memiliki pengaruh signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur. (3) Model hubungan variabel lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan sosial masyarakat, pendidikan dan pelatihan, pengalaman kerja, motivasi kerja guru, dan sikap secara simultan memberikan pengaruh terhadap keprofesionalan guru bidang teknologi kejuruan yang berkarakter teacherpreneur sebesar 84%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain diluar subyek penelitian.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: keprofesionalan guru, teacherpreneur, teknologi kejururan otomotif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Apr 2021 03:09
Last Modified: 31 May 2021 06:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70368

Actions (login required)

View Item View Item