Evaluasi Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan

Hermansyah, Hermansyah and Soenarto, Soenarto (2020) Evaluasi Pemanfaatan Dana Alokasi Khusus Bidang Pendidikan Menengah Kejuruan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-hermansyah-16702261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi seberapa baik pemanfaatan dana alokasi khusus (DAK) bidang pendidikan menengah kejuruan ditinjau dari komponen context, input, process, dan product. Penelitian ini termasuk penelitian evaluasi dengan model penelitian CIPP (context, input, process, product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 181 responden darilima SMK bidang prioritas nasional. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan pendapat ahli (expert judgement), indeks Aiken v, dan uji KMO and Bartlett's untuk instrumen kuesioner. Reliabilitas diukur menggunakan rumus Alfa Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil evaluasi context menunjukkan pemanfaatan DAK bidang pendidikan menengah kejuruan dalam kategori baik sekali, dengan rincian SMKN 10 Padang 95%, SMKN PP Negeri Padang 95,7%, SMKN 2 Sawahlunto 67,4%, SMKN 9 Padang 52,5%, SMKN 4 Padang 65,3%. (2) Hasil evaluasi input menunjukkan pemanfaatan DAK bidang pendidikan menengah kejuruan dalam kategori baik sekali dengan rincian SMKN 10 Padang 45%, SMKN PP Negeri Padang 82,5%, SMKN 2 Sawahlunto 52,3%, SMKN 9 Padang 42,5%, SMKN 4 Padang 44,1%.(3) Hasil evaluasi process menunjukkan pemanfaatan DAK bidang pendidikan menengah kejuruan dalam kategori baik sekali dengan rincian SMKN 10 Padang 50%, SMKN PP Negeri Padang 86,9%, SMKN 2 Sawahlunto 47,8%, SMKN 9 Padang 40%, SMKN 4 Padang 50%. (4) Hasil evaluasi product menunjukkan pemanfaatan DAK bidang pendidikan menengah kejuruan dalam kategori baik SMKN 10 Padang 50%, SMKN PP Negeri Padang 47,7%, SMKN 2 Sawahlunto 54,3%, SMKN 9 Padang 32,5%, SMKN 4 Padang 44,1%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: CIPP, dana alokasi khusus, evaluasi, pemanfaatan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 05 Apr 2021 02:55
Last Modified: 31 May 2021 06:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70367

Actions (login required)

View Item View Item