Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Sosial Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Budyartati, Sri and Mardapi, Djemari (2019) Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Sosial Untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sri budyartati-09701261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian keterampilan sosial untuk Pendidikan Anak Usia Dini yang meliputi 1). Konstruk instrumen penilaian keterampilan sosial. 2). Karakteristik instrumen. 3). Kelayakan instrumen Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Proses pengembangan dilakukan melalui empat tahap, dengan mengadaptasi teori four D (4D) dari Thiagarajan yaitu tahap penentuan dengan studi awal, tahap perancangan, tahap pengembangan dan tahap diseminasi. Penetapan konstruk instrumen penilaian keterampilan sosial terdiri atas dimensi kecerdasan emosi, dimensi kecerdasan budaya dan dimensi kecerdasan sosial dilakukan melalui pendapat para pakar pendidikan PAUD, Pakar pengukuran dan para guru PAUD sebagai praktisi lapangan. Subyek penelitian ini adalah pendidik PAUD yang mengisi instrumen keterbacaan dan anak anak peserta didik PAUD di TK Nurul Dzikir, dan TK Taruna Alquran sebagai subyek yang diamati tingkat keterampilan sosialnya. Teknik pengukuran yang dipakai adalah inter rater di mana satu orang anak dinilai oleh dua orang rater. Urutan siswa pada data masing masing rater harus sama ketika dilakukan pengolahan data. Analisis butir yang dipakai untuk melakukan seleksi butir adalah koeefesien alfa, intraclass, dan kappa Pada tahap akhir pengukuran digunakan teory generalizability dengan memakai program eduG untuk menentuan koefesien realibilitas skala Kesimpulan hasil penelitian ini adalah 1). Konstruk instrumen penilaian keterampilan sosial yang dikembangkan terdiri dari tiga dimensi yaitu: dimensi kecerdasan emosi, dimensi kecerdasan budaya dan dimensi kecerdasan sosial. 2). Karakteristik instrumen yang dihasilkan adalah lembar pengamatan ini berbentuk skala keterampilan sosial yang terdiri dari 3 dimensi dengan 10 indikator tersebar dalam 87 butir pada awalnya kemudian pada akhirnya hanya diambil 20 butir dengan menimbang kepraktisan, efesiensi dan kemudahan dalam penggunaan. 3).Kelayakan instrumen ini adalah memiliki bukti validitas dan reliabilitas, sehingga dapat dikategorikan sebagai instrumen penilaian keterampilan yang baik. Validitas dan reliabilitas instrumen yang diperoleh dari data dinyatakan reliable dan Valid. CVR atau content validity ratio atau rasio validitas isi instrumen ini adalah termasuk dalam kategori tinggi yaitu senilai 6,1 berdasarkan formula Gregory dan V aiken 0,813. Reliabilitas berdasarkan hasil pengukuran dengan program komputer eduG adalah Coef_G relative 0,90 dan Coef_G absolute 0,70. Keterampilan Sosial di TK Nurul Dzikri dan TK Taruna Alquran termasuk dalam kategori bagus jika dilihat dari hasil pengukuran yang menyatakan bahwa koefesien G adalah 0,9.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen, Keterampilan Sosial, PAUD
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 08:19
Last Modified: 26 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70354

Actions (login required)

View Item View Item