Harjo, Budi and Kartowagiran, Badrun (2019) Model Penilaian Formatif Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi-budi harjo-14701261008.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan model penilaian formatif keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika di SMA. Model penilaian keterampilan berpikir kritis yang dimaksud meliputi: (1) aspek keterampilan berpikir kritis dan disposisi berpikir kritis, dan (2) validitas dan reliabilitas instrumen model pengukuran berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model Borg & Gall (1983) dan Plomp (2007) yang terdiri sepuluh tahap menjadi lima tahap, yaitu: (1) prasurvei/studi pendahuluan, (2) penyusunan model, (3) validasi model, (4) uji coba lapangan, dan (5) implementasi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes dan kuesioner. Tes digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis, sedangkan kuesioner digunakan untuk mengukur disposisi keterampilan berpikir kritis. Tes dianalisis dengan menggunakan software QUEST untuk memperoleh kualitas tes, sedangkan instrumen berupa kuesioner dianalisis dengan teknik Eksploratory Factor Analysis (EFA) yang dilanjutkan dengan teknik Confirmatory Factor Analyisis (CFA) untuk memperoleh instrumen disposisi berpikir kritis yang memenuhi kriteria instumen yang baik. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa semua butir dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model penilaian formatif keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran matematika memiliki spesifikasi tujuan, karakteristik, komponen, instrumen, sintaks, dan panduan pelaksanaan yang jelas. (2) Instrumen yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis memuat lima aspek yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi dan eksplanasi terbukti valid, reliabel dan memenuhi kriteria alat ukur yang baik. (3) Instrumen disposisi berpikir kritis memuat tujuh aspek yaitu klarifikasi dasar, dukungan dasar, pengambilan keputusan, membangun agumentasi, strategi dan teknik, klarifikasi lanjut serta kemampuan menjabarkan. (4) Informasi yang dapat diperoleh dari model berupa laporan hasil capaian siswa (profil siswa) dan laporan hasil capaian siswa keseluruhan dalam satu kelas (profil kelas). (5) Untuk memudahkan pelaksanaan panduan pelaksanaan model yang mudah dan praktis. Berdasarkan hasil analisis model persamaan struktural diperoleh bahwa semua beban faktor indikator >0.5 atau dinyatakan valid. Nilai contruct reliability >0.7 atau dinyatakan reliabel. Hasil analisis juga diperoleh nilai RMSEA<0.08, p- value>0.05, 2df>Chi-Square, AGFI>0.9 dan GFI>0.9 atau model yang dikembangkan dinyatakan fit dengan data yang diperoleh di lapangan.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model penilaian formatif, keterampilan berpikir kritis pembelajaran matematika SMA |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 01 Apr 2021 07:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 07:06 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |