Pengembangan Instrumen Pengukuran Bakat Sepakbola.

Yuliarto, Hari and Mardapi, Djemari (2019) Pengembangan Instrumen Pengukuran Bakat Sepakbola. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-hari yuliarto-05701261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) indikator yang mendukung pengukuran bakat sepakbola anak usia 10-12 tahun di Sekolah Sepakbola /SSB; 2) karakteristik instrumen yang meliputi validitas dan reliabilitas perangkat instrumen pengukuran bakat sepakbola; 3) prosedur pelaksanaan pengukuran bakat sepakbola anak usia 10-12 tahun di SSB; dan 4) tingkat keberbakatan anak usia 10-12 tahun di SSB. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dari Borg and Gall, dengan empat tahap prosedur yaitu: studi awal, pengembangan, ujicoba, dan diseminasi. Subjek yang digunakan adalah siswa SSB SSO Real Madrid Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen keberbakatan dari Direktorat Pembinaan PK-LK Kemdikbud tahun 2011 yang meliputi instrumen: 1) komitmen tugas berbentuk kuesioner; 2) kemampuan bermain sepakbola; 3) kreativitas bermain sepakbola yang berupa lembar pengamatan, yang semuanya merupakan hasil Focus Group Discussion (FGD). Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) indikator instrumen pengukuran bakat sepakbola mencakup aspek komitmen tugas, kemampuan bermain sepakbola dan kreativitas bermain sepakbola; 2) validitas isi perangkat instrumen pengukuran bakat sepakbola tergolong baik dengan koefisien Aiken diperoleh nilai terendah 0,83 dan tertinggi 0,94. Validitas konstruk perangkat instrumen komitmen tugas tergolong baik diperoleh (X2= 5.06), (p-value)= 0.40871, dan (RMSEA= 0.020). Koefisien reliabilitas perangkat instrumen pengukuran bakat sepakbola anak usia 10-12 tahun siswa SSB diperoleh dengan menggunakan alpha Cronbach’s untuk instrumen komitmen tugas 0,74, kemampuan bermain sepakbola 0,72 dan reliabilitas kreativitas bermain sepakbola 0,72 (kedunya dihitung menggunakan koefisien Cohen’s Kappa) sehingga semua instrumen memenuhi syarat reliabilitas yang baik karena lebih dari 0,70; 3) prosedur pelaksanaan pengukuran bakat sepakbola usia 10-12 tahun di SSB yang mencakup tes tulis dan tes unjuk kerja berdasarkan pendapat para pelatih melalui judgement dapat digunakan ; dan 4) profil keberbakatan 32 siswa usia 10-12 tahun di SSB adalah 5 (15,625%) siswa berkategori sangat berbakat, 8 (25%) siswa berkategori berbakat, 13 (40,625%) siswa berkategori tidak berbakat, dan 6 (18,75%) siswa berkategori sangat tidak berbakat.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, bakat, Sepakbola
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:20
Last Modified: 01 Nov 2021 04:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70347

Actions (login required)

View Item View Item