Model Evaluasi Program Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam di Balai Diklat Keagamaan.

Adib, Helen Sabera and Mardapi, Djemari (2019) Model Evaluasi Program Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam di Balai Diklat Keagamaan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-helen sabera adib-10701269001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model evaluasi pelatihan guru pendidikan agama Islam di Balai Diklat Keagamaan, yang bermanfaat untuk mengadakan perbaikan pengembangan pelaksanaan program pelatihan guru pendidikan agama Islam di Balai Diklat Keagamaan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Penelitian pengembagan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall (2003), yang terdiri atas tiga tahap, yaitu (1) tahap prapengembangan model, (2) tahap pengembangan model konseptual, dan (3) tahap penerapan model. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi dengan responden 150 orang widyaiswara, peyelengara, dan peserta program pelatihan guru PAI di tiga balai diklat keagamaan yang berada di kota Semarang, Kota Jakarta, dan Kota Palembang. Validasi instrumen menggunakan content validty melalui teknik FGD dan Dhelpi dan validasi konstruk menggunakan exploratory factor analisis (EFA) dan confirmatory factor analisis (CFA). Estimasi reliabilitas instrumen menggunakan formula Alfa Cronbach. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Model Evaluasi Program Pelatihan Guru Pendidikan Agama Islam (PGPAI) yang dikembangkan dapat memberikan informasi yang tepat, akurat, dan komprehensif, serta bermanfaat secara optimal bagi pelaksanaan. (2) Komponen model PGPAI terdiri atas konteks, input, proses, dan produk. (3) Model evaluasi PGPAI telah memenuhi syarat sebagai model yang baik (fit model) karena dapat p-valued 0,089, nilai GFI = 0,90, nilai RMSEA = 0,049, AGFI = 0,91, NFI = 0,97, dan nilai CFI = -,99. (4) Instrumen angket, lembar observasi, dan lembar dokumentasi secara keseluruhan adalah reliabel, dengan koefisien alpha sebesar 0,9230. (5) Prosedur pelaksanaan modl evaluasi PGPAI masuk dalam kategori sangat baik dengan rerata skor sebesar 3,66 dalam skala 1 sampai 4. (6) Panduan penggunaan model evaluasi PGPAI masuk dalam kategori sangat baik dengan rerata skor 3,54 dalam skala 1 sampai 4.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model evaluasi, program pelatihan guru PAI
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 01 Apr 2021 07:16
Last Modified: 26 Oct 2021 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70346

Actions (login required)

View Item View Item