Pola Parenting untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini.

Fadlillah, M and Wahab, Rochmat (2020) Pola Parenting untuk Mengembangkan Kecerdasan Majemuk Anak Usia Dini. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-m. fadlillah-16703261040.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) menghasilkan pola parenting orang tua untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini, dan 2) mengungkapkan hambatan-hambatan parenting yang dialami orang tua dalam mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah tiga orang tua, tiga orang anak usia dini, dan tujuh orang guru, yang ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan terbuka, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan lima langkah yaitu: mentranskrip seluruh hasil wawancara, menginventarisasi pernyataan penting, mengklasifikasikan pernyataan subjek sesuai tema, dan mendeskripsikan makna dan esensi pengalaman subjek. Hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Pola parenting untuk mengembangkan kecerdasan majemuk anak usia dini terdiri dari empat hal utama, yaitu: a) identifikasi minat dan bakat anak: dilakukan orang tua dengan cara mengamati secara intensif terhadap aktivitas-aktivitas yang disukai dan menjadi keunggulan anak; b) tuntutan dan harapan: orang tua memiliki tuntutan dan harapan yang sangat tinggi terhadap bakat kecerdasan majemuk anak yaitu dengan meminta anak menjadi pemberani, menginginkan bakat anak berkembang, dan berharap anaknya mendapatkan banyak juara maupun prestasi; c) respon dan komitmen: orang tua mempunyai respon dan komitmen yang tinggi pula terhadap bakat kecerdasan majemuk anak, yaitu dengan mendukung aktivitas dan memfasilitasi segala kebutuhan anak secara maksimal; dan d) metode pengembangan: orang tua melatih dan mengembangkan bakat kecerdasan majemuk anak dengan cara mengikutkannya les dan berbagai kegiatan lomba yang sesuai dengan kemampuannya. (2) Hambatan-hambatan parenting yang dialami orang tua, di antaranya: keterbatasan waktu dan tenaga. Implikasi dari pola parenting yang dihasilkan ini ialah anak usia dini yang memiliki bakat istimewa harus mendapatkan perlakuan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya. Diperlukan tuntutan dan respon yang seimbang dari orang tua supaya kecerdasan majemuk anak dapat berkembang optimal sehingga mampu mencapai kemampuan dan prestasi yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: anak usia dini, minat dan bakat, parenting, kecerdasan majemuk,
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Mar 2021 03:35
Last Modified: 28 May 2021 04:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70333

Actions (login required)

View Item View Item