MENINGKATKAN KOMPETENSIGURU MATEMATIKA DAN IPA SMP MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY

Dwikoranto, Dwikoranto (2009) MENINGKATKAN KOMPETENSIGURU MATEMATIKA DAN IPA SMP MELALUI KEGIATAN LESSON STUDY. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2

[img]
Preview
Text
P19-Dwikoranto.pdf

Download (192kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Abstrak: Telah dikembangkan kegiatan lesson study guru-guru IPA dan Matematika di wilayah Selatan Kota Surabaya. Pada tahap perencanaan teridentifikasi masalah bahwa pembelajaran IPA dan Matematika kurang diminati siswa sehingga aktivitas, motivasi belajar, kreativitas siswa masih rendah, alat peraga fisika dan matematika di sekolah sangat terbatas, dan siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan persoalan fisika yang mengandung persamaan matematika. Alternatif solusinya dikembangkan rencana pembelajaran termasuk komponen-komponennya seperti bahan ajar, teaching material dan strategi pembelajaran yang dapat memberi pengalaman belajar kepada siswa melalui kegiatan eksplorasi, mengembangkan alat peraga pembelajaran fisika dan matematika yang bersifat local material dan mengembangkan pembelajaran fisika dan matematika yang kontekstual, handson activities dan daily life. Pada tahap pelaksanaan dan refleksi diperoleh temuan bahwa siswa tampak sangat antusias pada saat melakukan percobaan dan analisis matematika sederhana, namun untuk abstraksi yang lebih tinggai pada mata pelajaran IPA dan matematika masih kurang. Dalam mengikuti pembelajaran, sebagian besar siswa dapat berinteraksi dengan baik namun belum tumbuh aktivitas siswa untuk mengungkapkan gagasan atau ide-ide. Guru model bisa menciptakan proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menegaskan konsep sementara siswa melakukan eksplorasi untuk menemukan konsep. Keutuhan struktur pembelajaran terlaksana dengan baik, sekalipun masih belum sempurna. Keterampilan mengajar seperti penguasaan materi, penggunaan media pembelajaran, pengelolaan kelas, keterampilan bertanya dan keterampilan memotivasi tergolong baik. Kegiatan lesson study sangat potensial dalam peningkatan kualitas keprofesionalan guru yang berdampak pada peningkatan kualitas proses dan hasil pembelajaran dan menciptakan proses interaksi antar berbagai pihak terkait. Kata kunci : Kompetensi Guru, Lesson Study.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 31 Oct 2012 00:18
Last Modified: 31 Oct 2012 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7033

Actions (login required)

View Item View Item