Nilai-nilai Matematis dalam Primbon Jawa Betaljemur Adammakna.

Utami, Niken Wahyu and Sayuti, Suminto A (2020) Nilai-nilai Matematis dalam Primbon Jawa Betaljemur Adammakna. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-niken wahyu utami-16703261018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengeksplorasi konsep penghitungan dalam petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna, (2) mengeksplorasi kandungan nilai-nilai matematis yang terdapat dalam petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna, dan (3) mengidentifikasi konsep matematika sekolah yang terkait dengan petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna. Penelitian ini menggunakan metode etnografi. Langkah penelitian yang dilakukan melalui tahapan 1) where to look, yaitu analisis dokumen Kitab Primbon Jawa Betaljemur Adammakna, wawancara lima informan (empat tetua adat dan satu abdi dalem Kraton Yogyakarta), dan observasi, 2) how to look, yaitu mencari ide dari data-data yang diperoleh, 3) what it is yaitu mengidentifikasi kriteria atau justifikasi ide yang diperoleh, dan 4) what it means yaitu mengungkapkan nilai matematis yang ada dalam petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interpretatif untuk mengungkap nilai-nilai matematis dan mengidentifikasi konsep matematika sekolah yang terkait dengan petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna menggunakan konsep penghitungan: modulo, basis bilangan, penjumlahan bilangan, dan kelipatan bilangan, (2) petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna memuat nilai matematis yang meliputi himpunan, pola bilangan, barisan bilangan, basis bilangan, modulo, kekongruenan modulo, dan kelipatan bilangan. (3) nilai matematis petung Primbon Jawa Betaljemur Adammakna mempunyai potensi untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah, terutama dalam materi himpunan, relasi, fungsi, pola bilangan, barisan bilangan, basis bilangan, pembagian bersisa, dan Kelipatan Persekutuan terKecil (KPK), serta Faktor Persekutuan terBesar (FPB).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: etnomatematika, petung primbon Jawa Betaljemur Adammakna, modulo, basis bilangan, kelipatan bilangan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 31 Mar 2021 02:52
Last Modified: 28 May 2021 05:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70324

Actions (login required)

View Item View Item