Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasikan Kearifan Lokal Sasak pada Pembelajaran Kimia untuk Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Kognitif Mahasiswa.

Wahyudiati, Dwi and Sutrisno, Hari (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terintegrasikan Kearifan Lokal Sasak pada Pembelajaran Kimia untuk Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Prestasi Kognitif Mahasiswa. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-dwi wahyudiati-17703261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasikan kearifan lokal Sasak (PBMTKLS) pada pembelajaran Kimia Dasar 1, (2) mengetahui perbedaan keterampilan proses sains (KPS), sikap ilmiah (SI), dan prestasi kognitif (PK) mahasiswa secara simultan dan masing-masing sebelum dan sesudah penerapan model PBMTKLS serta kontribusinya, (3) mengetahui perbedaan KPS, SI, dan PK mahasiswa secara simultan dan masing-masing antara penerapan model PBMTKLS pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol, dan (4) mengetahui sumbangan (keefektifan) model PBMTKLS terhadap keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan prestasi kognitif mahasiswa secara simultan dan masing-masing pada mata kuliah Kimia Dasar 1. Model pengembangan menggunakan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: 1) studi pendahuluan/need assesment, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk awal, 4) uji coba draf produk awal melalui kegiatan FGD dengan teknik Delphi, 5) revisi draf produk awal, 6) uji coba produk utama melalui quasi experiment dengan desain penelitian non equivalen control group dan posttest only design, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba produk operasional dengan jumlah responden terdiri dari 2 grup eksperimen dan 2 grup kontrol menggunakan desain quasi eksperimen pretest-posttest dengan non equivalen control group design dan quasi eksperimen pretest-posttest tanpa control group design, 9) revisi produk operasional berdasarkan hasil uji coba produk operasional, dan 10) diseminasi produk melalui forum ilmiah atau publikasi jurnal bereputasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan formula Aiken’s V untuk mengetahui kelayakan model, dan untuk menganalisis perbedaan dan sumbangan (keefektifan) model terhadap variabel terikat melalui uji One sample t-Test dan uji Hotelling’s T2 menggunakan bantuan SPSS 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) karaktersitik model PBMTKLS meliputi lima tahapan: Dawunang (orientasi masalah), Identifikasi Masalah, Penyelidikan Secara Berempuk (berkelompok), Diskusi Kelas, dan tahap Evaluasi & Ketangkil (kesimpulan) dengan koefisien validitas Aiken’s sebesar 0,89 dan nilai reliabilitas Cronbach’s alpha sebesar 0,97 yang bermakna model PBMTKLS memenuhi kriteria valid, reliabel, dan layak untuk diimplementasikan, (2) terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata kemampuan KPS, SI, dan PK secara simultan maupun masing-masing antara kelas eksperimen dan kontrol, juga pada kelas eksperimen termasuk kategori sangat baik sedangkan pada kelas kontrol termasuk kategori baik; (3) kemampuan KPS, SI, dan PK setelah penerapan model PBMTKLS lebih baik dibandingkan dengan sebelum perlakuan secara simultan dan masing-masing dengan sumbangan model pada kelas eksperimen terhadap KPS, SI, dan PK sebesar 63,0%, terhadap KPS dan SI sebesar 56,2%, terhadap KPS dan PK sebesar 60,8%, terhadap SI dan PK sebesar 57,4%, serta masing-masing untuk KPS sebesar 48,4%, SI sebesar 47,2%, dan PK sebesar 46,5%; (4) terdapat perbedaan signifikan kemampuan KPS, SI, dan PK secara simultan untuk 3 variabel, 2 variabel, serta masing-masing variabel antara penerapan model PBMTKLS dengan model pembelajaran langsung; dan (5) sumbangan model PBMTKLS terhadap KPS, SI, dan PK sebesar 16,8%, sumbangan terhadap KPS dan SI sebesar 16,3%, sumbangan terhadap KPS dan PK sebesar 14,5%, sumbangan terhadap SI dan PK sebesar 13,6%, serta masing- masing sumbangan terhadap KPS sebesar 12,3%, SI sebesar 12,0%, dan sumbangan terhadap PK sebesar 9,3%.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model PBMTKLS, keterampilan proses sains, sikap ilmiah, prestasi kognitif.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2021 07:30
Last Modified: 28 May 2021 05:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70316

Actions (login required)

View Item View Item