Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Voli Mini untuk Habituasi Nilai-nilai Karakter Peserta didik Sekolah Dasar.

Sujarwo, Sujarwo and Suharjana, Suharjana (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Voli Mini untuk Habituasi Nilai-nilai Karakter Peserta didik Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sujarwo-17703261027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menghasilkan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan materi Permainan Bola Voli Mini untuk menghabituasi nilai-nilai karakter (disiplin, kerja keras dan kerja sama) peserta didik di Sekolah Dasar, 2) Mengimplementasi Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan materi Permainan Bola Voli untuk menghabituasi nilai-nilai karakter (disiplin, kerja keras dan kerja sama) peserta didik di Sekolah Dasar, 3) Menguji Efektifitas Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan kesehatan materi Permainan Bola Voli Mini untuk menghabituasi nilai-nilai karakter (disiplin, kerja keras dan kerja sama) peserta didik di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan, desain penelitian menggunakan 10 langkah dari Borg and Gall. Tempat yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar se Daerah Istimewa Yogyakarta. Subjek yang digunakan adalah peserta didik Sekolah Dasar kelas V. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini secara kuantitatif dan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner untuk menilai model pembelajaran dan juga instrumen untuk uji efektifitas model, wawancara dengan guru. Secara kualitatif instrumen menggunakan rubrik penilaian. Validitas konten untuk model pembelajaran menggunakan 7 orang ahli dengan teknik Delphi. Validitas konstruk untuk model pembelajaran menggunakan Eksplanatori Faktor Analisis (EFA) dan Corfirmatory Faktor Analisis (CFA). Validitas konten instrumen model menggunakan teknik delphi dengan 3 orang expert. Reliabilitas instrumen menggunakan inter rater (3 orang). Validitas konten menggunakan Content Validity Ratio (CVR) dan Reliabilitas menggunakan interklas Koefisien korelasi (ICC). Uji efektifitas model dalam penelitian ini menggunakan uji t. Hasil penelitian yang diperoleh, di antaranya: (1) tersusun model konseptual dan panduan teknis pembelajaran bola voli mini untuk menghabituasi nilai karakter disiplin, kerja sama dan kerja keras, dengan validitas konten model sebesar = 0.857, dan reliabilitas konstruk (CR) = 0.94 dan validitas konstrak CV = 0.96. Tersusun Instrumen untuk menilai 3 karakter dalam permainan bola voli, dengan Validitas Aiken sebesar: 1, dan Reliabilitas dengan perhitungan ICC sebesar = 0,81. (2) Terlaksana dengan aman, mudah dan praktis model pembelajaran berdasarkan tanggapan dari guru dan siswa, (3) Terdapat perbedaan perilaku nilai karakter siswa sebelum dan sesudah dihabituasikan dengan model pembelajaran bola voli mini.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Habituasi, pembelajaran PJOK, nilai karakter.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:54
Last Modified: 28 May 2021 04:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70315

Actions (login required)

View Item View Item