Pengembangan Model Pembe- lajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Sepak Bola Empat Gawang untuk Meningkatkan Keterampilan, Kerja Sama, dan Pengambilan Keputusan bagi Peserta Didik SMP.

Suryobroto, Agus Sumhendartin and Tomoliyus, Tomoliyus (2020) Pengembangan Model Pembe- lajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Sepak Bola Empat Gawang untuk Meningkatkan Keterampilan, Kerja Sama, dan Pengambilan Keputusan bagi Peserta Didik SMP. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-agus sumhendartin suryobroto-13703261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Pendidikan Jasmani materi Permainan Sepak Bola Empat Gawang agar dapat meningkatkan keterampilan, kerja sama, dan pengambil keputusan peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang terdiri atas dua tahapan yaitu tahap pra-pengembangan dan tahap pengembangan. Tahap pra-pengembangan terdiri atas kajian literatur, kajian penelitian relevan, dan studi lapangan. Tahap pengembangan terdiri penyusunan draft model, validasi ahli, uji coba terbatas, dan uji coba luas. Validasi melibatkan tujuh orang ahli dengan menggunakan teknik Delphi. Uji coba skala terbatas dilakukan terhadap 16 peserta didik kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta. Uji coba skala luas dilakukan terhadap tiga kelas dari tiga SMP di Kota Yogyakarta. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara, catatan lapangan, angket, lembar observasi, dan rubrik penilaian. Analisis data pada tahap pra-pengembangan menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif, sedangkan pada tahap pengembangan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian berupa model pembelajaran permainan Sepak bola Empat Gawang bagi Peserta Didik SMP Kelas VIII. Berdasarkan penilaian para ahli, isi materi sangat baik, bahasa sangat baik, dan format penulisan baik. Pada uji skala terbatas substansi dan pelaksanaan tergolong baik. Pada ujicoba skala luas, aspek substansi dan pelaksanaan tergolong sangat baik, sehingga dihasilkan model yang layak untuk digunakan. Uji efektivitas model yang dikembangkan, yang menggunakan uji beda dengan statistik nonparametrik Wilcoxon, hasilnya signifikan. Telah tervalidasi sintaks atau tahapan model pembelajaran Penjas, yaitu: (1) pemanasan, (2) menyampaikan tujuan, (3) diskusi, (4) tugas terbimbing bermain, (5) pembelajaran, (6) diskusi, (7) tumpan balik, (8) pendinginan. Penggunaan model pembelajaran yang dikembangkan ini efektif. Model yang dikembangkan ini efektif untuk meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik SMP di Kota Yogyakarta, dalam hal keterampilan, kerja sama, dan pengambilan keputusan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model, pembelajaran sepak bola, SMP
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:56
Last Modified: 28 May 2021 05:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70304

Actions (login required)

View Item View Item