Reinventing Nilai-Nilai Karakter dalam Sejarah Lokal Pasca Bencana Tahun 2010 di Desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta.

Syaifulloh, Muhammad and Suryo, Djoko (2020) Reinventing Nilai-Nilai Karakter dalam Sejarah Lokal Pasca Bencana Tahun 2010 di Desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muhammad syaifulloh-15703261052.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan; (1) nilai-nilai karakter dalam sejarah lokal pasca bencana tahun 2010 di desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta, dan (2) pemaknaan baru nilai-nilai karakter dalam sejarah lokal pasca bencana tahun 2010 di desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan strategi etnografi dengan langkah-langkah alur penelitian maju bertahab (The Development Research Sequence). Sumber data penelitian terdiri dari informan partisipan, tempat penelitian, dan dokumen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumen/arsip. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter dalam sejarah lokal pasca bencana tahun 2010 pada masyarakat desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta meliputi nilai harmoni, nilai ketenangan, nilai kebersamaan (solidaritas), nilai kreatif, nilai peduli, nilai religius, nilai rela berkorban, nilai kepatuhan dan kesetiaan. Sedangkan nilai-nilai yang pasca bencana tahun 2010 merupakan nilai-nilai lama yang muncul kembali sebagai daya kekuatan mental masyarakat desa meliputi;(a) nilai sumeleh, sumarah, dan nrimo (b) nilai opo-opo dirembug, (c) obah mamah yen ora obah ora mamah, (d) eling lan waspodo, (e) sanak kadang handarbeni, (f) gunung ki ngrejekeni, dan (g) sakdermo ngelampahi dan sakmadyo wae. Nilai dasar masyarakat desa yakni mencapai cita-cita masyarakat yang selaras, slamet, mulyo, dan tertib dalam titi tentrem kerto raharjo. Proses pemaknaan nilai-nilai karakter masyarakat desa Hargobinangun Pakem Sleman Yogyakarta pasca bencana tahun 2010 melalui proses belajar dialogis interaktif antara masa lalu dan masa kini dengan menciptakan media, metode, dan substansi dalam meewariskan sekaligus mempelajari pesan-pesan nilai luhur masyarakat desa. masyarakat desa menunjukkan secara fisik berubah mengikuti zaman modern, namun nilai-nilai budaya lokal tidak mengalami kemerosotan. Masyarakat desa mempertahankan sekaligus menciptakan nilai- nilai melalui simbolisasi nilai, membuat cerita-cerita baru, upacara-upacara atau ritus tradisi budaya, festival seni budaya, kesadaran bahasa Jawa sebagai wahana komunikasi sosial, kegiatan-kegiatan kemasyarakatan baru, kelompok-kelompok atau komunitas baru dan membangun ajaran-ajaran moral seperti menyapa, tindak-tanduk (perilaku baik sopan) dan larangan molimo (maling/mencuri, main/berjudi, minum/minuman keras, madat/obat-obatan terlarang, dan madon/prostitusi). .

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Reinventing, Nilai Karakter, Sejarah Lokal, dan Gunung Merapi.
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Mar 2021 04:07
Last Modified: 28 May 2021 05:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70298

Actions (login required)

View Item View Item