Kompetensi Abad 21 Guru Madrasah Pada Diklat Teknis Substantif Pendidikan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang.

Miskiah, Miskiah and Suryono, Yoyon (2020) Kompetensi Abad 21 Guru Madrasah Pada Diklat Teknis Substantif Pendidikan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-miskiah_16703261032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menggali informasi terkait kompetensi abad 21 guru madrasah yang ada pada diklat teknis substantif pendidikan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Palembang saat ini, dan (2) menciptakan model konseptual kompetensi abad 21 yang diharapkan guru madrasah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan Teknik studi kasus. Objek penelitian ini adalah Diklat Teknis Substantif Quantum Teaching and Learning dan Diklat Teknis Substantif Guru Fikih MI di BDK Palembang. Informannya adalah kepala BDK Palembang, widyaiswara BDK Palembang, kasi diklat tenaga teknis BDK Palembang, panitia bidang akademis diklat, dan guru-guru madrasah yang mengikuti diklat. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan bantuan software ATLAS.ti.8.3.17. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pendekatan model Yin, yaitu plan, design, prepare, collect, analyze, dan share. Hasil penelitian kompetensi abad 21 para guru menunjukkan bahwa: 1) Kompetensi abad 21 bagi guru madrasah merupakan keharusan dimana guru harus memiliki keterampilan yang tercermin dalam pembelajaran yang akan dilaksanakan. Esensi kompetensi abad 21 bagi guru adalah kompetensi yang diperlukan oleh guru untuk membekali para peserta didiknya agar mampu menghadapi tantangan di era milenial sekarang ini. Kompetensi abad 21 menuntut guru untuk merubah pola pembelajaran yang mengintegrasikan teknologi, kreativitas untuk menciptakan inovasi, berkolaborasi dengan komunikasi yang efektif, berpikir kritis dalam memecahkan masalah, menerapkan nilai-nilai karakter, dan pembelajaran yang berpusat pada siswa; 2) Model konseptual kompetensi abad 21 bagi para guru madrasah dalam diklat teknis substantif telah divalidasi dan dinyatakan layak untuk digunakan berdasarkan hasil penilaian para ahli. Selain itu, model konseptual ini disiapkan untuk diklat teknis substantif pendidikan pada BDK dalam rangka meningkatkan kompetensi para guru madrasah, sehingga dapat menghasilkan output yang tidak hanya unggul dalam ilmu pengetahuan tetapi juga memiliki ahklak mulia agar mampu berkompetisi di abad 21. Oleh karena itu, model konseptual ini cocok dan dapat digunakan sebagai acuan dalam pembelajaran pada diklat teknis substantif pendidikan di BDK.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru Abad 21, Balai Diklat Keagamaan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Mar 2021 03:37
Last Modified: 28 May 2021 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70297

Actions (login required)

View Item View Item