Model Mentoring untuk Meningkatkan Pedagogical Knowledge Calon Guru Biologi.

Nopriyeni, Nopriyeni and Prasetyo, Zuhdan Kun (2020) Model Mentoring untuk Meningkatkan Pedagogical Knowledge Calon Guru Biologi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-nopriyeni-15703261065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (862kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan model mentoringyang valid dalam rangka meningkatkan pedagogical knowledge mahasiswa calon guru biologi, (2) menghasilkan model mentoring yang praktis untuk meningkatkan pedagogical knowledge calon guru biologi dan (3) menghasilkan model mentoring yang efektif dalam rangka meningkatkan pedagogical knowledge mahasiswa calon guru biologi Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Design and Development Research (DDR) yang dikembangkan oleh Richey &klein. Model pengembangan meliputi empat tahapan: (1) analisis (analysis), perencanaan (design), pengembangan (development) dan evaluasi (evaluation). Subjek penelitian adalah mahasiswa semester VI (enam) Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif.Data analisis kebutuhan di kumpulkan dengan tes uraian, angket, lembar observasi dan wawancara. Data keefektifan model mentoring dikumpulkan dengan pre tes, post tes, angket dan lembar observasi. Data dianalisis secara deskriptif dan statistik inferensial. Penelitian ini menghasilkan model mentoring untuk meningkatkan pedagogical knowledge calon guru biologi . Produk yang dihasilkan berupa buku panduan mentoring pedagogical knowledge dan tes uraian. Hasil analisis menunjukkan bahwa produk memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Kriteria kevalidan, ditunjukkan dengan persentase penilaian tim ahli/validator yang masuk dalam kategori valid. Produk memenuhi kriteria kepraktisan model berdasarkan penilaian observer juga dari persentase keterlaksanaan model.Hasil penelitian menunjukkan bahwa model yang dihasilkan memiliki tingkat validitas dan efektifitas yang baik menurut ahli dan hasil uji coba lapangan. Model mentoring secara singifikan efektif dalam meningkatkan pedagogical knowledge dan performance calon guru biologi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Mentoring, Pedagogical Knowledge, Calon Guru Biologi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Mar 2021 08:00
Last Modified: 28 May 2021 04:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70295

Actions (login required)

View Item View Item