Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kemampuan Gerak Dasar.

Rejeki, Hendriana and Suharjana, Suharjana (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kemampuan Gerak Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-hendriana sri rejeki-15703261070.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional untuk kelas 3 dan tervalidasi oleh ahli serta efektif untuk pembelajaran. Model yang dikembangkan sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani dalam mengembangkan kemampuan gerak dasar, sehingga dapat dipergunakan oleh guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan langkah-langkah penelitian sebagai berikut; (1) mengumpulkan informasi, (2) desain draf awal (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir, (7) uji efektivitas. Uji coba skala kecil dilakukan di SD Negeri Kawatuna Kecamatan Mantikulore Kota Palu, uji coba skala besar dilakukan di SD Negeri lasoani, SD Negeri Paboya Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Instrumen pengumpulan data adalah pedoman pengamatan (observasi), wawancara, catatan lapangan, skala nilai, tes TGMD 2 dengan validitas 0,95 dan reliabilitas 0,91 untuk uji keefektifan dan penilaian hasil belajar. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif, dan uji t. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional Sulawesi Tengah, yang berisikan empat permainan yaitu: (a) permainan baku-baku raja (b) permainan alay mbelong (c) permainan nokadende sorong (d) belengku. Model disusun dalam bentuk buku pedoman. Berdasarkan hasil penilaian para ahli materi dan praktisi, dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran pendidikan jasmani berbasis permainan tradisional sebagai sarana untuk mencapai tujuan pembelajaran pendidikan jasmani khususnya pembelajaran gerak dasar bagi peserta didik Sekolah Dasar kelas 3 yang didesain berkategori baik dan efektif, sehingga model layak digunakan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Permainan Tradisional, Gerak Dasar
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Mar 2021 06:20
Last Modified: 28 May 2021 04:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70293

Actions (login required)

View Item View Item