PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGENALAN BILANGAN ROMAWI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 2 GONDANGWAYANG KABUPATEN TEMANGGUNG

Insani, Wikan Atika (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PENGENALAN BILANGAN ROMAWI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE MATCH DI KELAS IV SD NEGERI 2 GONDANGWAYANG KABUPATEN TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Wikan Atika Insani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar materi pengenalan bilangan romawi melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada peserta didik kelas IV SDN 2 Gondangwayang Kabupaten Temanggung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pengenalan lambang bilangan romawi melalui penerapan model pembelajaraan kooperatif tipe make a match yang dilaksanakan dengan melakukan permainan kartu pasangan dan diskusi hasil kartu pasangan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Gondangwayang. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata prakondisi 63,53 menjadi 84,12 pada siklus I dan 91,76 pada siklus II. Pada siklus I sebanyak 15 siswa telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan belajar 88,24%, pada siklus II menjadi 16 siswa dengan presentase 94,12%. Kata kunci: hasil belajar, make a match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 24 Mar 2021 03:20
Last Modified: 24 Mar 2021 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70287

Actions (login required)

View Item View Item