PENGEMBANGAN TES PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn SD KELAS IV

Shalihah, Novianna Mar’atush (2021) PENGEMBANGAN TES PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKn SD KELAS IV. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Novianna Mar'atush Shalihah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kebutuhan guru akan ketersediaan tes prestasi belajar yang valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan tes prestasi belajar pada mata pelajaran PPKn materi Hak dan Kewajiban yang memenuhi kriteria validitas isi, tingkat kesukaran butir, indeks daya beda, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan untuk menghasilkan instrumen tes yang berkualitas. Model pengembangan yang digunakan berpedoman pada metode pengembanagan Djemari Mardapi yang terdiri dari tujuh langkah dan dua tahap, yaitu tahap perancangan dan tahap uji coba. Tahap perancangan meliputi (1) menyusun spesifikasi tes, (2) menulis soal tes sesuai, (3) menelaah soal tes, dan (4) memperbaiki tes. Tahap uji coba meliputi (1) melakukan uji coba tes, (2) menganalisis butir soal tes, dan (3) menafsirkan hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perancangan menghasilkan kisi-kisi tes dan instrumen tes tipe objektif bentuk pilihan ganda yang terdiri dari 40 butir soal yang disusun berdasar tingkatan taksonomi Anderson & Krathwohl. Telaah para ahli menghasilkan koefisien validitas isi dengan nilai Aiken’ V 0,83 - 1,00 dan revisi dari instrumen tes yang dikembangkan. Berdasar telaah ahli terdapat 17 item yang valid. Tahap uji coba dalam penelitian ini menghasilkan karakteritik instrumen tes prestasi belajar. Berdasar formula Korelasi Point Biserial, tes ini memiliki indeks daya beda dengan nilai 0,25 – 0,57 yang berarti instrumen tes berfungsi sebagaimana mestinya. Tes prestasi belajar dalam penelitian terdiri dari 15 butir tes yang memiliki tingkat kesukaran mudah dan sedang. Tes ini telah diketahui efektivitas pengecohnya yang dikategorikan sebagai pengecoh yang diterima atau ditolak dan memiliki reliabilitas dengan nilai KR-20 sebesar 0,95 yang berarti reliabel. Tes prestasi belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria validitas isi baik, tingkat kesukaran butir, indeks daya beda, efektivitas pengecoh, dan reliabilitas. Kata kunci: tes prestasi belajar, mata pelajaran PPKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Mar 2021 04:25
Last Modified: 22 Mar 2021 04:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70265

Actions (login required)

View Item View Item