PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN SISWA KELAS IV SDN KARANGMLOKO 1 TAHUN AJARAN 2018/2019

Asih, Novia Raras (2021) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TIME TOKEN SISWA KELAS IV SDN KARANGMLOKO 1 TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Novia Raras A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran keterampilan berbicara dan meningkatkan hasil keterampilan berbicara menggunakan model Cooperative Learning Tipe Time Token siswa kelas IV SD Negeri Karangmloko 1 Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan McTaggart dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas IV SD Negeri Karangmloko 1 berjumlah 31 siswa, yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan membandingkan nilai rata-rata tes berbicara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses dan hasil keterampilan berbicara siswa setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe Time Token. Peningkatan proses siswa ditunjukkan melalui meningkatnya keaktifan, partisipasi, dan antusiasme siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa dapat dilihat dari meningkatnya nilai rata-rata kelas dari kegiatan pra tindakan, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata siswa pada pra tindakan sebesar 62,33 meningkat menjadi 69,32 pada siklus I, dan meningkat menjadi 80,37 pada siklus II. KKM yang telah ditentukan adalah sebesar 75. Persentase ketuntasan belajar siswa sebelum diberikan tindakan sebesar 3% dari 30 siswa, setelah tindakan pada siklus I meningkat menjadi 84%, kemudian setelah diberikan tindakan pada siklus II mencapai 97%. Kata kunci: keterampilan berbicara, model cooperative learning tipe time token, siswa kelas IV

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:50
Last Modified: 22 Mar 2021 03:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70261

Actions (login required)

View Item View Item