Implementasi Gerakan Literasi Sastra Anak di Sekolah Dasar.

Arafik, Muh and Zubaidah, Enny (2020) Implementasi Gerakan Literasi Sastra Anak di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-muh. arafik-15703261016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan, menjelaskan, dan memaknai implementasi Gerakan Literasi Sastra Anak (GLSA) melalui tahapan pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran di SD Kauman 1, SD Anak Saleh, dan SD Laboratorium Universitas Negeri Malang. SD Kauman 1 mengimplementasikan GLSA terintergrasi dengan kurikulum 2013 bercorak pembelajaran berbasis literasi. SD Anak Saleh mengimplementasikan GLSA terintegrasi dengan Program Pendidikan Karakter. SD Laboratorium Universitas Negeri Malang mengimplementsikan GLSA dengan corak pembelajaran berbasis modul. Ketiga sekolah tersebut juga mampu meraih prestasi dibidang literasi baik ditingkat nasional maupun internasional. Implementasi GLSA masing-masing sekolah memiliki kekhasan yang menarik untuk diteliti. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif berjenis studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan langsung oleh peneliti, wawancara mendalam dengan pihak-pihak yang terkait dengan program implementasi GLSA seperti kepala sekolah, guru, siswa, pustakawan, komite sekolah, serta dilakukan studi dokumentasi guna mendukung data hasil pengamatan dan wawncara. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahanya, data dianalisis dengan cara kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan hasil penelitian implementasi GLSA pada tahapan pembiasaan dilakukan melalui kegiatan (1) cerita pagi “sapa mentari”, (2) pachelathon dan conversations, (3) menata sarana dan lingkungan yang literat (perpustakaan, sudut baca, dan mading sastra anak), (4) memilihan sumber bacaan karya sastra anak, (5) “genam 45” (Gerakan masuk pukul 06.45) (6) melibatan publik melalui kegiatan “Erlangga reading day”, dan (7) DEAR (Drop Everyting and Read) sastra. Implementasi GLSA pada tahap pengembangan dilakukan melalui kegiatan (1) membacakan cerita (2) gebyar literasi sastra anak, (3) kantong literasi, (4) wajib kunjung perpustakaan, dan (5) membaca mandiri sastra anak. Implementasi GLSA pada tahapan pembelajaran dilakukan dengan (1) pembelajaran kreatif menulis komik sains, (2) menulis cerita bergambar dengan media mini books, (3) membaca pemahaman bacaan sastra anak, (4) membaca berimbang bacaan sastra anak, dan (5) menulis fabel dengan media big books. Implementasi GLSA yang dilaksanakan berdasarkan visi, misi, dan tujuan sekolah secara terencana, bekelanjutan dan berkesinambungan mampu menumbuhkan minat baca siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Gerakan Literasi Sastra Anak
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:46
Last Modified: 28 May 2021 04:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70259

Actions (login required)

View Item View Item