Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Berkonteks Islam di Sekolah Dasar

Widyaningrum, Retno and Kartowagiran, Badrun (2021) Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika Berkonteks Islam di Sekolah Dasar. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-retno widyaningrum-16701261004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen penilaian hasil belajar matematika berkonteks Islam di sekolah dasar dan panduan penilaiannya, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian hasil belajar matematika berkonteks Islam di sekolah dasar, (3) mendeskripsikan capaian hasil belajar peserta didik dalam matematika berkonteks Islam di sekolah dasar, (4) mendeskripsikan kepraktisan instrumen penilaian hasil belajar matematika berkonteks Islam di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang diadaptasi dari modifikasi Oriondo & Dallo-Antonio dengan Mardapi. Langkah- langkah dalam penelitian ini terdiri atas 3 tahapan yaitu: perencanaan instrumen, uji coba instrumen, dan pengukuran. Penelitian ini dilakukan di 8 sekolah dasar Islam terpadu (SDIT) dengan subjek penelitian sebanyak 682 peserta didik kelas 5. Karakteristik instrumen penilaian yang dikembangkan didasarkan pada validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas, serta kepraktisan penggunaannya. Validitas isi didasarkan pada data hasil penilaian expert judgment yang dianalisis dengan formula Aiken. Validitas konstruk dibuktikan dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA), sedangkan reliabilitas diestimasi menggunakan formula Cronbach’s Alpha. Untuk menilai kepraktisan instrumen penilaian dilakukan oleh 25 orang pendidik matematika SD dan 56 orang peserta didik SD. Sementara itu, untuk mengestimasi parameter butir dan parameter peserta digunakan teori tes modern Item Respon Theory (IRT). Selain teknik statistika deskriptif, analisis data dalam penelitian ini juga menggunakan teknik statistika inferensial, atau Manova yang digunakan untuk membedakan 8 aspek kemampuan dari beberapa sekolah yang menjadi tempat penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) instrumen hasil belajar peserta didik dalam matematika berkonteks Islam di sekolah dasar terdiri atas delapan aspek kemampuan, yakni: menentukan volume kubus, menentukan volume balok, menentukan jaring-jaring kubus, menentukan jaring-jaring balok, menentukan pengumpulan data, menentukan bentuk data, menentukan deskripsi data, dan menentukan penyajian data. Delapan aspek kemampuan ini terdiri atas 30 butir, yang tersebar di aspek pemahaman volume kubus 3 butir, volume balok 3 butir, jaring-jaring kubus 3 butir, jaring-jaring balok 3 butir, pengenalan data 2 butir, bentuk data 6 butir, deskripsi data 5 butir, dan menyajikan data 5 butir, (2) instrumen pengukuran hasil belajar matematika berkonteks Islam di sekolah dasar yang dikembangkan memiliki validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, karakteristik instrumen yang baik sehingga layak digunakan, (3) hasil belajar matematika berkonteks Islam dari peserta didik SDIT kelas 5 termasuk katagori tinggi, dan ternyata ada perbedaan kemampuan dilihat dari aspek kemampuan menentukan volume kubus, menentukan jaring-jaring kubus, menentukan bentuk data, menentukan penyajian data, dan asal sekolah, (4) instrumen penilaian hasil belajar matematika berkonteks Islam di sekolah dasar dinilai sangat praktis digunakan oleh pendidik, dan dianggap praktis digunakan oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, hasil belajar, matematika berkonteks Islam, sekolah dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Mar 2021 03:18
Last Modified: 26 Oct 2021 02:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70257

Actions (login required)

View Item View Item