UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI SEMANU III KECAMATAN SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA

Nugraha, Rizki Adi (2021) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF CARD SORT PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI SEMANU III KECAMATAN SEMANU KABUPATEN GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Rizki Adi Nugraha.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui strategi pembelajaran aktif card sort pada siswa kelas VB SD Negeri Semanu III Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, menggunakan model spiral Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Semanu III. Teknik pengumpulan data berupa tes hasil belajar, lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar kognitif siswa, sedangkan lembar observasi digunakan untuk memperoleh gambaran aktivitas siswa serta keterlaksanaan strategi card sort dalam proses pelaksanaan pembelajaran IPS menggunakan strategi pembelajaran aktif card sort. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk menganalisis data hasil belajar kognitif dan analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi. Berdasarkan dari penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif card sort dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan pencapaian KKM pada pra tindakan sebesar 19,35%. Setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif card sort pada siklus 1, pencapaian KKM meningkat menjadi 54,83%. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan pada tindakan siklus 2, pencapaian KKM meningkat menjadi 87,09%. Selain itu, aktivitas siswa (aspek afektif dan psikomotor) juga mengalami peningkatan dari 73,95% pada siklus I menjadi 91,66% pada siklus II. Kata kunci : Strategi pembelajaran aktif card sort, hasil belajar IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 19 Mar 2021 04:55
Last Modified: 19 Mar 2021 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70243

Actions (login required)

View Item View Item