IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEMATARAMAN DI TK ABA KAUMAN WATES

Wahyu, Widayati (2021) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEMATARAMAN DI TK ABA KAUMAN WATES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI WAHYU WIDAYATI (PG-PAUD 2016).pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman di TK ABA Kauman Wates. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan wali murid. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman di TK ABA Kauman Wates. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Miles & Hubberman meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman yang dilakukan di TK ABA Kauman Wates disusun dengan menyesuaikan buku Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Kemataraman dengan materi bahasa dan sastra Jawa, adat istiadat dan busana Jawa, serta kesenian Jawa; (2) pelaksanaan pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman dilakukan selama seminggu sekali yang disesuaikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM) sekolah; (3) evaluasi pembelajaran ekstrakurikuler kemataraman selama adanya covid-19 dilakukan secara langsung melalui grup whatsapp atau telegram (4) faktor pendukung antara lain adanya dana BOP yang membantu keterlaksanaan ekstrakurikuler, pelatihan-pelatihan guru yang diadakan oleh Disdikpora, dan wali murid yang mendukung penuh; (5) faktor penghambat yang dirasakan seperti adanya covid-19 sehingga pembelajaran dilakukan di rumah, keterbatasan lahan dan fasilitas sekolah, banyak orang tua dan anak yang terbiasa menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari, mood anak yang tidak stabil, dan guru harus belajar kembali mengenai materi kemataraman. Kata kunci: Implementasi, Pembelajaran Ekstrakurikuler Kemataraman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2021 04:34
Last Modified: 16 Mar 2021 04:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70217

Actions (login required)

View Item View Item