Model Penilaian Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pembuktian Matematika SMA Terintegrasi DGS.

Sari, Yurizka Melia and Kartowagiran, Badrun (2020) Model Penilaian Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Pembuktian Matematika SMA Terintegrasi DGS. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-yurizka melia sari-16701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan utama dari penelitian ini untuk: (1) mengembangkan model penilaian terintegrasi Dynamic Geometry Software (DGS) yang dapat meningkatkan pemahaman penalaran dan pembuktian peserta didik di SMA melalui umpan balik yang diberikan dalam proses penilaian dan (2) menguji keefektifan model penilaian formatif terintegrasi DGS dalam meningkatkan pemahaman penalaran dan pembuktian matematika di SMA. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan modifikasi tahapan pengembangan Borg & Gall. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan tahapan penelitian dan pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini. Pada tahapan research, kegiatan yang dilakukan adalah analisis kebutuhan dan pengumpulan informasi pendahuluan baik melalui studi literatur maupun pengamatan langsung mengenai kegiatan pembelajaran dan penilaian kemampuan penalaran dan kemampuan pembuktian di SMA. Pada tahapan development, kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan model, validasi model, ujicoba keterbacaan, dan uji coba model sehingga dihasilkan model penilaian kemampuan penalaran dan pembuktian matematika siswa yang valid, reliabel dan praktis. Pada tahapan disseminate, kegiatan yang dilakukan adalah diseminasi hasil penelitian melalui seminar hasil dan jurnal penelitian terindeks scopus. Subjek ujicoba yang terlibat merupakan peserta didik kelas X SMA yang mengikuti pembelajaran matematika pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019 di Sidoarjo, Jawa Timur. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif digunakan dalam mendeskripsikan karakteristik butir instrumen yang dikembangkan dan penyajian data hasil tes penalaran dan pembuktian berupa tabel, diagram, dan grafik. Analisis data kualitatif digunakan untuk menggambarkan profil kemampuan penalaran dan kemampuan pembuktian peserta didik. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) konstruk model penilaian terdiri atas sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dan dampak penilaian. (2) Model penilaian formatif terintegrasi DGS terbukti efektif dalam menilai kemampuan penalaran dan pembuktian peserta didik SMA (3) Instrumen penalaran dan pembuktian secara teoretis dan empiris terbukti berkualitas baik yang dapat dilihat dari terpenuhinya validitas, realibilitas dan karakteristik butir. (4) Temuan lain menunjukkan bahwa kemampuan penalaran peserta didik lebih dominan daripada kemampuan pembuktian, terutama kemampuan penalaran imitatif.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model Penilaian, Kemampuan Penalaran, Kemampuan Pembuktian, DGS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:50
Last Modified: 26 Oct 2021 02:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70210

Actions (login required)

View Item View Item