Model Instrumen Evaluasi Program Kemitraan Kepala Sekolah.

Pusporini, Widowati and Zamroni, Zamroni (2020) Model Instrumen Evaluasi Program Kemitraan Kepala Sekolah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-widowati pusporini-15701261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Program kemitraan kepala sekolah merupakan program yang dilaksanakan oleh kementerian pendidikan dan kebudayaan sejak tahun 2015. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk menghasilkan model, instrumen, dan pedomanevaluasi program kemitraan kepala sekolah yang mampu memberikan hasil evaluasi yang komprehensif dari awalprogram hingga akhir program. Hasil evaluasi nantinya dapat dipergunakan sebagai penentu keputusan guna perbaikan program di tahun berikutnya dan dapat dipergunakan untuk melakukan evaluasi program sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang bertujuan menghasilkanproduk berupa modelinstrumen, dan pedoman model evaluasi Program Kemitraan Kepala Sekolah(PEKA). Desain penelitian ini mengikuti modelPlomp&Nieveen yang mendeskripsikan desain penelitian dalam tiga tahapan, yaitu Preliminary research, Development or Prototyping phase,danAssessment phase. Pengembangan Model Instrumen mencakup 4 setinstrumen dilakukan dengancara memadukan teori evaluasi dan metode Focus Group Discussion, selanjutnya dilakukan validasi ahli dan dilakukan uji keterbacaan. Penilaian pedoman model Evaluasi PEKA juga dilakukan oleh ahli. Ujicoba yang dilaksanakan adalah ujicoba terbatas dan ujicoba diperluas. Model instrumen hasil pengembangan kemudian diunggah dalam laman agar mempermudah pengisianinstrumen. Sampel dari penelitian ini adalah penyelenggara/Sub Direktorat, fasilitator, kepala sekolah Mitra, Kepala sekolah Imbas, dan Pengawas yang terlibat dalam program kemitraan Kepala Sekolah. Model Instrumen evaluasi PEKA secara empiris terbukti akurat dan terpercaya karena model instrumen telah divalidasi dan dianalisis secara empirik. Validitas isi instrumen evaluasi PEKA termasuk kategori sangat baik berdasarkan indeks V Aiken. Ketepatan indikator rerata adalah 0.95 artinya semua komponen pedoman model evaluasi PEKA dalam kategori valid. Reliabilitas intrumen PEKA ditunjukkan dengan indeks alpha dalam instrumen input sebesar 0.95, indeks alpha dalam instrumen proses sebesar 0.91dan indeks alpha dalam instrumen output sebesar 0.95, hal tersebut dapat diartikan bahwa seluruh Instrumen PEKA dikatakan reliabel. Hasil analisis penilaian pedoman, menunjukkan bahwa kualitas pedoman penggunaan model Instrumen evaluasi PEKA dalam kualitas baik dan telah sesuai dengan tahapan kegiatan program kemitraan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Kemitraan kepala sekolah, model Instrumen evaluasi, program kemitraan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:28
Last Modified: 26 Oct 2021 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70209

Actions (login required)

View Item View Item