Abu, Syafik and Siti, Khanifah (2009) PEMBELAJARAN FPB DAN KPK DENGAN DAN TANPA ALAT PERAGA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BLENGORKULON KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009. ISSN 978‐979‐16353‐3‐2
|
Text
P6-Abusyafi--Siti Khanifah.pdf Download (137kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran FPB dan KPK dengan dan Tanpa Alat Peraga pada Siswa Kelas V SD Negeri Blengorkulon kecamatam Ambal kabupaten Kebumen Tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kriteria hasil pembelajaran FPB dan KPK kelompok eksperimen; (2) kriteria hasil pembelajaran FPB dan KPK kelompok kontrol; dan (3) perbedaan rerata nilai prestasi belajar antara kelompok eksperimen dan kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2008 sampai bulan Juli 2009. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V SD N Blengorkulon Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2008/2009. Teknik pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Metode dalam mengumpulkan data adalah meto-de tes. Kriteria hasil pembelajaran bahasan FPB dan KPK kelompok eksperi-men memuaskan dengan persentase tertinggi 100% dan persentase terrendah sebesar 48%. Sedangkan kriteria hasil pembelajaran bahasan FPB dan KPK kelompok kontrol kurang memuaskan dengan persentase tertinggi 100% dan persentase terrendah sebesar 41,66%.. Hasil pembelajaran FPB dan KPK ke-lompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol, ini ditinjau dari besarnya rerata dan standar deviasi, yaitu rerata pada kelompok eksperimen sebesar 79,99% dengan standar deviasi sebesar 131,20%, dan rerata pa-da kelompok kontrol sebesar 70,82% dengan standar deviasi sebesar 146,78%.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika 2009 |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 31 Oct 2012 00:18 |
Last Modified: | 31 Oct 2012 00:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7020 |
Actions (login required)
View Item |