Model Konstruk Instrumen Evaluasi Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah.

Karyanto, Umum Budi and Zamroni, Zamroni (2020) Model Konstruk Instrumen Evaluasi Pendidikan Karakter di Madrasah Tsanawiyah. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-umum budi karyanto-12701261003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konstruk instrumen evaluasi pendidikan karakter di madrasah, yaitu MTs di wilayah eks Karesidenan Pekalongan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui besarnya tingkat keterlaksanaan dankeefektifan penerapan model konstruk instrumen evaluasi pendidikan karakter di MTs Negeri di wilayah eks Karesidenan Pekalongan.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg dan Gall. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 64 siswa untuk uji secara terbatas dan 300 responden untuk uji secara luas, yang terdiri dari 292 siswa dan 8 guru. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan disproportionate stratified random sampling. Untuk mengetahui jumlah sampel digunakan rumus Slovin. Konstruk instrumen model evahiasi pendidikan karakter dikembangkan melalui tiga tahap, yaitu teknik Delphi , uji coba skala kecil, dan uji coba skala luas. Sementara itu, pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner yang diberikan kepada siswa untuk menilai guru, kuesioner yang diberikan kepada guru untuk menilai siswa dan observasi yang digunakan peneliti untuk mengamati implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran di kelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen proses pendidikan karakter yang dikumpulkan dengan angket dan observasi digunakan confirmatory factor analysis (CFA) dengan menggunakan program Lisrel 8.5.Konstruk instrumen model evaluasi yang dikembangkan telah diuji secara isi dan konstruk sehingga didapatkan model yang fit, dilihat dari indikator-indikator berikut: (a) Chi-Square, p > 0,05, nilai yang diperoleh sebesar = 789,9;(b) Goodness of Fit Indices (GFI) harus berkisar antara 0 dan 1, nilai yang diperoleh = 0,83; (c) Root Mean Square Error of Approximation(RMSEA) < 0,08,nilai yang diperoleh = 0,071. Expert judgment untuk face validity dan contentvalidity pada model sudah baik (0,73), sedangkan validasi konstruk dengan confirmatory factor analysis diperoleh hasil bahwa semua variabel tampakmemiliki nilai muatan faktor (X) > 0,30. Estimasi reliabilitas instrumen model menggunakan formula Alpha Cronbach telah memenuhi ketentuan indeks standar minimal, yaitu di atas 0,7. Model evaluasi Pendidikan karakter secara empirik telah dinyatakan layak dalam uji implementasi oleh user, yaitu guru Akidah Akhlak, PKn, IPA, dan IPS, serta Kepala MTs dan siswa Mrs

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pendidikan karakter, madrasah, model konstruk instrumen
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2021 03:21
Last Modified: 26 Oct 2021 02:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70189

Actions (login required)

View Item View Item