Model Penilaian Historical Consciousness Berbasis Web melalui Proyek Penulisan Sejarah Lokal di SMA.

Supianto, Supianto and Kumaidi, Kumaidi (2020) Model Penilaian Historical Consciousness Berbasis Web melalui Proyek Penulisan Sejarah Lokal di SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-supianto-16701261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penilaian historical consciousness menjadi bagian penting dalam pembelajaran sejarah di SMA. Historical consciousness bukan hanya memberikan siswa bekal pengetahuan sejarah yang berisi kumpulkan fakta-fakta sejarah, tetapi sekaligus mengasah kemampuan siswa untuk menerapkan pengetahuan sejarah dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model penilaian historical consciousness berbasis web melalui proyek penulisan sejarah lokal di SMA, menganalisis validitas dan reliabilitas instrumen penilaian historical consciousness, dan mendeskripsikan tingkat historical consciousness siswa SMA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengadopsi R&D yang diusulkan Plomp yang terdiri lima fase, yaitu penelitian pendahuluan, desain, konstruksi, tes, evaluasi dan revisi, dan implementasi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMA negeri kelas X IPS di Kabupaten Sleman. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan guru-guru sejarah dan siswa, diskusi langsung dengan validator, dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, Aiken’s V, Confirmatory Factor Analysis Second Order, koefisien Cronbach’s Alpa, dan Item Respons Theory Parcial Credit Model. Penelitian ini menghasilkan sebuah model penilaian historical consiousness berbasis web melalui proyek penulisan sejarah lokal di SMA yang diukur melalui tiga komponen, yaitu historical knowlegde untuk mengukur kemampuan siswa mengingat fakta-fakta sejarah, historical method untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan metode penelitian siswa, dan historical values untuk mengukur kemampuan siswa dalam menerapkan nilai-nilai sejarah dalam kehidupan sehari-hari. Ketiga komponen untuk mengukur historical consciousness memiliki validitas isi, validitas konstruk, dan reliabilitas yang baik dan hasilnya fit dengan IRT model PCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki tingkat historical consciousness cukup tinggi dan kurang tinggi

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sejarah, historical consciousness, penilaian proyek, web
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:28
Last Modified: 26 Oct 2021 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70188

Actions (login required)

View Item View Item