Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Antenatal Care (ANC) Komprehensif pada Pendidikan Diploma Kebidanan.

Sumantri, Sumantri and Kumaidi, Kumaidi (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kompetensi Antenatal Care (ANC) Komprehensif pada Pendidikan Diploma Kebidanan. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sumantri-14701261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan: (a) instrumen penilaian kompetensi ANC komprehensif yang mencakup semua aspek skill pembentuk kompetensi ANC; (b) instrumen yang dikembangkan valid, reliabel dan memenuhi kelayakan materi. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan jenis penelitian reseach and development (R&D). Model R&D yang digunakan modifikasi Model Wilson dan Model Oriondo & Dallo-Antonio. Langka-langkah pengembangan meliputi: (1) perancangan instrumen; (2) uji coba instrumen, dan; (3) pengukuran. Tempat penelitian di satu Klinik Kesehatan dan dua Bidan Praktik Mandiri di wilayah Sleman Yogyakarta (uji coba terbatas) dan di tiga Puskesmas Wilayah Kabupaten Klaten (uji coba diperluas). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 15 orang peserta didik semester 3, 4 dan 5 Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Yogyakarta dan 45 orang peserta didik semester 4, 5 dan 6 Jurusan Kebidanan Politeknik Kesehatan Surakarta sebagai subjek uji coba diperluas. Data dikumpulkan menggunakan instrumen pedoman observasi berbentuk ceklist, cara pengambilan datanya satu person dinilai oleh dua rater. Instrumen dilakukan uji validitas isi menggunakan formula Aiken, reliabilitasnya menggunakan koefisien interrater Cohen‟s Kappa dan koefisien G. Uji koefisien interrater Cohen‟s Kappa dengan bantuan program SPSS 20.0, uji koefisien G dengan bantuan sofware GENOVA dan analisis kelayakan materi menggunakan bantuan program Excel. Penelitian ini menghasilkan empat temuan. Pertama, uji validitas isi dari 18 sub-aspek skill pembentuk kompetensi ANC komprehensif sangat valid ditunjukkan rata-rata indeks Aiken sebesar 0,84. Kedua, konsistensi dan kesepakatan atar rater dalam menggunakan instrumen sangat kuat dan reliabel dengan rata-rata koef Kappa 0,927388 (93%) dan 0,8304 (83%). Ketiga, uji koefisien Genova menunjukkan bahwa koefisien G uji coba terbatas sebesar 0,99966 dan uji coba diperluas sebesar 0,97202 (> 0,70) dan D-Studi tidak menunjukkan perbedaan yang siginifikan dengan rater lebih dari satu orang dan dinyatakan reliabel. Keempat, hasil uji kelayakan ahli materi adalah rerata skor 147,6 dari skor maksimal 165, artinya instrumen sangat layak, untuk digunakan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian kompetensi ANC komprehensif pada pendidikan Diploma Kebidanan dapat digunakan dengan subjek yang lebih luas lagi. Instrumen yang telah dikembangkan ini apabila akan digunakan untuk menilai perkembangan pencapaian kompetensi ANC sebaiknya menggunakan desain penelitian longitudinal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kompetensi ANC, komprehensif, penilaian, peserta didik, Pendidikan Diploma Kebidanan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Mar 2021 04:37
Last Modified: 26 Oct 2021 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70178

Actions (login required)

View Item View Item