Pengembangan Model Penilaian Literasi Matematika.

Suciati, Suciati and Munadi, Sudji (2020) Pengembangan Model Penilaian Literasi Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-suciati-16701261023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan model penilaian literasi matematika yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran, 2) mengungkapkan kualitas instrumen tes literasi matematika yang dikembangkan, 3) mengungkapkan keefektifan model penilaian literasi matematika yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp yang terdiri dari tahap penelitian pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. Identifikasi masalah dan analisis kebutuhan pada penelitian pendahuluan dilakukan dengan kajian teoritik, kajian empiris, dan studi lapangan. Tahap pengembangan dilakukan dengan menyiapkan prototipe model penilaian literasi matematika berupa spesifikasi model, seperangkat instrumen penilaian literasi matematika, dan prosedur penilaian. Tahap evaluasi dilakukan dengan mengimplementasikan model penilaian dalam proses pembelajaran. Uji coba instrumen melibatkan 273 siswa SMP kelas VIII di Provinsi DIY. Uji coba terhadap model penilaian untuk mengukur keterlaksanaan dan keefektifan penerapan model penilaian literasi matematika melibatkan guru dan siswa SMP kelas VIII di Kota Tarakan. Uji coba terbatas melibatkan dua orang guru matematika dan 75 siswa. Uji coba diperluas melibatkan enam orang guru dan 178 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, observasi, lembar penilaian, dan lembar validasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Validitas instrumen terdiri dari validitas isi dan validitas konstruk. Validitas isi dilakukan dengan expert judgment yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan formula Aiken. Validitas konstruk dengan Confirmatory Factor Analysis (CFA) berbantuan software Lisrel 8.50. Koefisien reliabilitas instrumen diestimasi dengan Construks Reliability (CR). Karakteristik butir dianalisis dengan IRT model politomus Partial Credit Model (PCM) berbantuan program R. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model penilaian yang dikembangkan merupakan model prosedural yang memberikan tahapan-tahapan dalam mengembangkan instrumen penilaian, melaksanakan assessment for learning (AFL) yang mengembangkan kemampuan literasi matematika, dan melakukan analisis serta pemanfaatan hasil penialain. (2) Instrumen yang dikembangkan memiliki bukti validitas dan reliabilitas yang baik, seperti yang ditunjukkan oleh nilai koefisien validitas isi (V) Aiken yang berada pada rentang 0,781- 0,906, validitas konstruk ditunjukkan oleh koefisien loading factor > 0,3, dan nilai koefisien reliabilitas konstruk sebesar 0,78. Ditinjau dari karakteristik butir, seluruh butir tes berkategori baik dengan tingkat kesukaran berada pada rentang -1,093 hingga 1,18. Instrumen tersebut memiliki nilai fungsi informasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kesalahan pengukurannya dan instrumen tersebut sesuai untuk peserta tes dengan kemampuan dari -3,00 sampai 3,00. (3) Menurut pendapat ahli dan guru, model tersebut layak untuk digunakan dan ii efektif dalam mengumpulkan bukti-bukti dan informasi capaian literasi matematika siswa. Tahapan dalam model penilaian yang dikembangkan juga dapat diterapkan oleh guru untuk melakukan penilaian lain dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Assessment for Learning, literasi matematika, model penilaian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Mar 2021 03:52
Last Modified: 26 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70165

Actions (login required)

View Item View Item