Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing.

Sudaryanto, Memet and Mardapi, Djemari (2020) Penilaian Kompetensi Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-memet sudaryanto-16701261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penentuan standar kelulusan merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas penutur bahasa sebagai alat untuk memastikan unjuk kerja sesuai standar kebahasaan yang ditetapkan. Penyelenggara program BIPA mengadaptasi Council of Europe Framework of Reference (CEFR) menjadi tujuh standar yang digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan instrumen tes reseptif khusus bagi penutur asing yang terstandar dan (2) mengatur ulang standar kompetensi keterampilan menyimak, membaca, dan merespons kaidah. Metode pengembangan yang dilakukan adalah modifikasi dari Borg and Gall (1983) serta pengembangan instrumen terstandar. Pengujian validitas menggunakan konfirmatori faktor (CFA) dengan nilai P=0.185 dan validitas Aiken dari masing-masing item telah memenuhi ambang batas tabel Aiken. Estimasi reliabilitas dengan alpha dari Cronbach sebesar 0.70 sedangkan reliabilitas konstruk, omega, dan maksimal yang digunakan telah terpenuhi lebih dari 0.7. Pengujian asumsi penelitian yakni, uji asumsi item respons teori (IRT) unidimensi, independensi lokal, dan invariansi parameter sehingga ketiga asumsi tersebut telah terpenuhi. Penelitian ini menggunakan rasch model sebagai model pengujian kemampuan peserta tes yang menghasilkan tingkat kesukaran butir dengan batas kemampuan peserta tes minimal berada pada keterampilan menyimak [-2,29 sampai pada 3.64], keterampilan membaca [-1.85 sampai pada +2.41] , dan keterampilan merespons kaidah [-2.05 sampai pada 4.00]. Hasil penilaian kompetensi menyimak menunjukkan 39% madya; 33% unggul; 28% pada level semenjana. Penilaian kompetensi membaca menunjukkan 55% melampaui batas kemampuan unggul; 24% pada level kemampuan semenjana, sedangkan 21% pada level kemampuan madya. Penilaian kompetensi merespons kaidah menunjukkan 48% kemampuan pada level madya; 39% kemampuan peserta tes pada level semenjana, dan 13% peserta tes berada pada level unggul. Berdasarkan presentase kemampuan peserta tes (penutur asing) menunjukkan bahwa kemampuan unggul peserta tes paling sedikit pada indikator tes merespons kaidah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: foreign speaker, receptive skills, standard setting
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:38
Last Modified: 26 Oct 2021 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70152

Actions (login required)

View Item View Item