Pengukuran Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika SMP melalui Multisolusi.

Zainudin, M. and Jailani, Jailani (2020) Pengukuran Kreativitas Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika SMP melalui Multisolusi. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-m. zainudin-16701261019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan konstruk instrumen yang dapat digunakan untuk mengukur kreativitas siswa dalam penyelesaian masalah matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui multisolusi; 2) mengestimasi kualitas instrumen pengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika SMP melalui multisolusi; dan 3) mendeskripsikan profil kreativitas siswa dalam penyelesaian masalah matematika SMP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah test development yang diadaptasi dari Oriondo & Dallo-Antonio (1998: 33-82). Metode test development yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas dua tahap, yakni: Perencanaan tes dan pengukuran. Tahap perencanaan tes meliputi penentuan tujuan tes, penyusunan, telaah, validasi dan uji coba. Tahap pengukuran meliputi: perakitan perangkat tes untuk kegiatan pengukuran, penetapan sekolah untuk pelaksanaan pengukuran, pelaksanaan ujian, penskoran, analisis hasil pengukuran untuk peninjauan kembali kualitas instrumen, dan interprestasi skor hasil pengukuran. Tahap perencanaan tes menghasilkan dua perangkat tes yang telah diujicobakan kepada 506 siswa dari tiga sekolah. Pelaksanaan pengukuran menggunakan instrumen hasil uji coba yang terdiri dari dua perangkata tes. Perangkat tes yang digunakan dalam pengukuran masing-masing terdiri atas 5 butir termasuk 1 anchor item. Pengukuran dilakukan terhadap 1.002 peserta didik yang berasal dari enam sekolah di Kabupaten Bojonegoro. Data hasil penskoran pada tahap uji coba dan pengukuran dianalisis dengan formula Aiken, lisrel,dan Quest. Formula Aiken digunakan untuk validitas isi. Lisrel digunakan untuk validitas konstruk. Program Quest digunakan untuk mengestimasi indeks reliabilitas, menguji kecocokan model, kesulitan butir, dan estimasi kemampuan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) konstruk perangkat tes pengukur kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika SMP melalui multisolusi yang dikembangkan terdiri atas ideation, thinks outside the box, innovative, analysis problem, perceptive. Hal tersebut terbukti secara teoritik dan empiris berdasarkan indeks validitas konstruk dengan nilai standard loading factor di atas 0,5 dan nilai t diatas 1,97; 2) instrumen kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika SMP melalui multisolusi yang dikembangkan memiliki indeks validitas isi lebih dari 0,75, indeks validitas konstruk dengan nilai standard loading factor di atas 0,5 dan nilai t diatas 1,97, dan indeks reliabilitas lebih dari 0,72. Perangkat tes untuk kegiatan pengukuran dirakit dengan menggunakan butir yang yang memiliki nilai INFIT MNSQ antara 0,7-1,30 sehingga fit dengan model dan tingkat kesulitan butir antara -2 sampai +2 sehingga layak digunakan. 3) Kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika SMP melalui multisolusi di Kabupaten Bojonegoro berada dalam kategori sedang. Siswa-siswa yang berasal dari sekolah-sekolah dengan kategori tinggi memiliki kreativitas dalam matematika yang lebih baik daripada siswa-siswa yang berasal dari sekolah dengan kategori sedang dan rendah. Siswa-siswa yang berasal dari sekolah-sekolah dengan kategori sedang memiliki kreativitas dalam matematika yang lebih baik daripada siswa-siswa yang berasal dari sekolah dengan kategori rendah.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, matematika SMP, multisolusi, Partial Credit Model (PCM).
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2021 04:10
Last Modified: 26 Oct 2021 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70151

Actions (login required)

View Item View Item