Model Penilaian Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan Penskoran Parsial dan Holistik.

Otaya, Lian G. and Retnawati, Heri (2020) Model Penilaian Pendidikan Profesi Guru (PPG) dengan Penskoran Parsial dan Holistik. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-lian g.otaya-16701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan model penilaian PPG dengan penskoran parsial dan holistik. Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (R&D). Subjek penelitian pada uji coba tahap I berjumlah 236 peserta dan uji coba tahap II berjumlah 516 peserta pada PPG Prajabatan bersubsidi dan PPG Dalam Jabatan tahun akademik 2018/2019 yang diselenggarakan LPTK Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Gorontalo, dan UIN Alauddin Makassar. Teknik pengumpulan data menggunakan focus group discussion, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis validitas isi melalui Aiken V dan reliabilitas melalui reliabilitas inter-rater, untuk membuktikan validitas konstruk melalui analisis faktor konfirmatori, mengestimasi reliabilitas konstruk melalui reliabilitas komposit, dan untuk menganalisis karakteristik item dan estimasi kemampuan peserta PPG melalui analisis IRT politomus model Partial Credit Model dan Graded Response Model, serta analisis fungsi informasi dan kesalahan baku estimasi. Hasil penelitian dan pengembangan model penilaian ini menghasilkan tiga konstruk instrumen yaitu: instrumen penilaian RPP, instrumen penilaian pelaksanaan pembelajaran, serta instrumen penilaian kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Model penilaian PPG yang dikembangkan dengan penskoran parsial dan holistik telah akurat dan terpercaya berdasarkan konstruk instrumen yang dihasilkan, validitas isi dan reliabilitas instrumen melalui telaah expert judgement telah memenuhi item-tem instrumen yang dikembangkan berdasarkan substansial teoretiknya, validitas konstruk dan reliabilitas konstruk menunjukkan seluruh instrumen pada model penilaian PPG valid dan reliabel berdasarkan muatan-muatan faktornya. Instrumen model penilaian PPG baik dengan penskoran parsial maupun penskoran holistik telah memiliki nilai informasi yang memadai yang bergerak antara 10 hingga 19 dengan estimasi kesalahan pengukuran yang relatif kecil yaitu sekitar 0,2 hingga 0,3. Hasil penilaian dengan menggunakan instrumen model penilaian PPG menunjukkan bahwa penilaian dengan penskoran parsial lebih akurat dibandingkan dengan penilaian dengan penskoran holistik. Model penilaian telah memenuhi aspek kepraktisan berdasarkan penilaian oleh pengguna yaitu mampu dipahami oleh pengguna, dapat diterapkan di lapangan, relevansi dengan Program PPG, memberi manfaat pada peserta PPG, efektif dan efisien dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Penilaian PPG, Penskoran Parsial, Penskoran Holistik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2021 03:44
Last Modified: 26 Oct 2021 02:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70150

Actions (login required)

View Item View Item