Pengembangan Model Evaluasi Internal Program Pembelajaran Pondok Pesantren Modern.

Khaerudin, Khaerudin and Munadi, Sudji (2020) Pengembangan Model Evaluasi Internal Program Pembelajaran Pondok Pesantren Modern. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-khaerudin-16701261009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Studi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model evaluasi internal program pembelajaran pondok pesantren modern diberi nama model EVINP4 yang berkualitas, (2) menguji kualitas panduan dan konstruk instrumen model evaluasi internal program pembelajaran pondok pesantren modern, (3), menguji efektivitas model evaluasi internal program pembelajaran pondok pesantren modern dan, (4) mengetahui implemetasi Model EVINP4 di pondok modern Tazakka, pondok modern Daarul Ulil Albaab, dan pondok modern Al Manaar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan 4 (empat) langkah dari 10 (sepuluh) langkah yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Komponen model evaluasi yang digunakan yaitu evaluasi input, process, dan output. Pendekatan penelitian dan pengembangan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Jumlah responden uji coba skala luas sebanyak 29 ustad dan 77 santri. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Pengujian model yang digunakan yaitu exploratory factor analysis (EFA) menggunakan SPSS statistics dan confirmatory factor analysis (CFA) menggunakan LISREL 8.50 for windows. Dasar kecocokan model yang digunakan: (1) Chi Square (x2), 2). p-value, (3) Root Mean Square Error of Approximation (RMSEA), dan (4) Goodness of Fit Index (GFI), Validitas isi menggunakan V Aiken. Reliabilitas instrumen yang digunakan yaitu Cronbach Alpha. Hasil penelitian menunjukkan seperti berikut ini. (1) Model evaluasi internal program pembelajaran pondok pesantren modern (Model EVINP4) terdiri atas evaluasi input, process, dan output yang dihasilkan berupa panduan model yang sangat baik dan instrumen yang valid serta reliabel. (2) Kualitas panduan model EVINP4 secara empirik telah dinyatakan sangat baik dalam uji implementasi oleh pengguna yaitu pengelola/pimpinan/staff pondok pesantren diperoleh nilai X (skor rerata lapangan) sebesar 21, setelah dikonsultasikan dengan kategori yang diperoleh memiliki kategori sangat baik yaitu (X ≥ 20). Instrumen Model EVINP4 yang diperoleh telah diuji secara empirik sehingga didapatkan model yang Fit, memiliki nilai p-value sebesar 0,79179 (p ≥ 0,05), RMSEA sebesar 0,000 (RMSEA ≤ 0,08), nilai GFI sebesar 0,94, AGFI sebesar 0,88, NFI sebesar 0,97, CFI sebesar 1,00 dan IFI sebesar 1,01. (3) Efektivitas model EVINP4 secara empirik telah dinyatakan sangat baik dalam uji implementasi oleh pengguna dengan diperoleh nilai X sebesar 22, mean sebesar 15, dan simpangan baku sebesar 3, setelah dikonsultasikan dengan kategori yang diperoleh memiliki kategori sangat baik yaitu (X ≥ 20). (4) Uji implementasi Model EVINP4 di pondok modern Tazakka, pondok modern Daaru Ulil Al Baab, dan pondok modern Al Manaar dinyatakan sangat baik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model, pengembangan evaluasi internal, program pembelajaran, dan pondok pesantren.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2021 07:27
Last Modified: 11 Jul 2022 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70135

Actions (login required)

View Item View Item