Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompetensi Matematika SMP Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika.

Arliani, Elly and Mardapi, Djemari (2020) Pengembangan Instrumen Pengukuran Kompetensi Matematika SMP Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-elly arliani-12701261002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan konstruk kompetensi matematika SMP mahasiswa S1 Pendidikan Matematika, (2) membuktikan validitas instrumen yang dikembangkan, (3) mengestimasi reliabilitas instrumen yang dikembangkan, (4) mendeskripsikan karakteristik butir instrumen yang dikembangkan berdasarkan Item Respons Theory (IRT), dan (5) memperoleh gambaran pencapaian kompetensi matematika SMP mahasiswa S1 program studi Pendidikan Matematika berdasarkan instrumen yang dihasilkan. Penelitian pengembangan ini melalui tiga tahap, yaitu tahap pengembangan awal instrumen, tahap uji coba, dan tahap interpretasi hasil uji coba. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 program studi Pendidikan Matematika tahun 2013/2014 dan 2014/2015 di Yogyakarta, yaitu mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma (USD) Yogyakarta, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, dan Universitas PGRI Yogyakarta (UPY) yang telah menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgement dan validitas konstruk diperoleh melalui CFA. Karakteristik butir instrumen diperoleh menggunakan analisis Item Response Theory (IRT) tiga parameter logistik. Hasil penelitian ini adalah (1) kompetensi matematika SMP mahasiswa S1 Pendidikan Matematika adalah kemampuan mahasiswa S1 Pendidikan Matematika dalam menguasai materi matematika SMP yang akan diajarkan di SMP; (2) validitas instrumen tergolong baik dengan indeks V Aiken sebesar 0,85 sampai dengan 0,95 yaitu lebih dari 0,80 dan RMSEA sebesar 0,015; GFI sebesar 1,00; dan AGFI sebesar 0,99; (3) reliabilitas instrumen tergolong baik, dengan koefisien Alpha sebesar 0,83 dan koefisien Omega sebesar 0,81; (4) berdasarkan karakteristik butir tes, seluruh butir tes tergolong baik dengan daya beda sebesar 0,573 sampai 2,879; tingkat kesulitan butir soal dari -1,128 sampai 1,614; estimasi peluang tebakan nilainya dari 0,098 sampai dengan 0,265; tes memberikan informasi akurat pada theta dari -0,60 sampai 3,30 dan infomasi tertinggi pada theta sekitar 1,5; (5) hasil penilaian terhadap pencapaian kompetensi matematika SMP mahasiswa S1 Pendidikan Matematika diperoleh rata-rata nilai sebesar 47,40 dengan simpangan baku 18,73; nilai minimal sebesar 10,00 dan nilai maksimal sebesar 93,33.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: instrumen, pengukuran, kompetensi matematika, SMP, mahasiswa S1 Pendidikan Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2021 02:53
Last Modified: 26 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70131

Actions (login required)

View Item View Item