Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills): Rintisan Bank Soal Ekonomi SMA

Friyatmi, Friyatmi and Mardapi, Djemari (2020) Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills): Rintisan Bank Soal Ekonomi SMA. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-friyatmi-15701261021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen tes HOTS ekonomi SMA (Eoo-HOTS) yang berkualitas, (2) mengungkapkan karakteristik item tes Eco- HOTS secara empiris dengan pendekatan Multidimensional ltem Response Theory (MIRT), (3) mengungkapkan karakteristik perangkat Eco-HOTS dengan pendekatan MIRT, (4) karakteristik kemampuan HOTS siswa dengan pendekatan MIRT, (5) menyetarakan perangkat tes Eco-HOTS dengan pendekatan MIRT, (6) merancang bank soal ekonomi tingkat daerah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Prosedur pengembangan terdiri dari tahap perencanaan, pengembangan item, pengembangan sistem bank soal, ujicoba, analisis dan kalibrasi, serta penyeleksian item untuk bank soal. Penelitian dilaksanakan di 14 SMA di Propinsi Sumatera Barat dengan jumlah subjek coba 1.831 siswa. Data dikumpulkan melalui tes, lembar telaah/penilaian, dan lembar validasi. Validitas produk diperoleh menggunakan expert judgment dan dibuktikan dengan indeks validitas Aiken. Analisis dan kalibrasi parameter tes diuji dengan pendekatan simple-structure MIRT menggunakan R studio. Reliabilitas instrumen tes dianalisis menggunakan Cronbrach Alpha dan fungsi informasi tes. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Berdasarkan telaah kualitatif, 98% item memiliki kualitas yang baik pada aspek konstruk, materi, dan bahasa. Hasil validasi item menunjukkan 83% item tes Eoo-HOTS terbukti valid. (2) Karakteristik item berdasarkan MIRT memperlihatkan seluruh item fit dengan model M-GRM, memiliki daya pembeda multidimensi yang baik dan tingkat kesukaran multidimensi sedang (MDIFF=0,70) pada ujicoba I. Pada ujicoba II seluruh item fit dengan model M- GRM, tingkat kesukaran multidimensi item tergolong sukar untuk Paket 102 (MDIFF:3,6) dan kategori sedang untuk Paket 202 (MDIFF:2,40). Kedua ujicoba menunjukkan daya pembeda dan tingkat kesukaran multidimensi untuk item creative thinking cenderung lebih tinggi dibanding item berpikir kritis dan pemecahan masalah. (3) Karakteristik perangkat tes Eco-HOTS terbukti reliabel, memiliki fungsi informasi tes maksimal jika diujikan pada siswa dengan kemampuan sedang, dan memiliki tes fit yang baik. (4) Siswa memiliki kemampuan sedang pada kedua ujicoba. Kemampuan siswa dalam berpikir kreatif cenderung lebih rendah dibanding berpikir kritis dan pemecahan masalah. (5) Hasil penyetaraan menunjukkanrerata tingkat kesulitan item berada pada kategori sedang. MDIFF: -0,28 Paket 102 setara dengan MDIFF:-0,00 Paket 202.Indeks daya pembeda yang telah disetarakan adalah MDISC: 0,9575 untuk Paket 102 dan MDISC : 0,6848 untuk Paket 202. Tingkat kemampuan siswa yang telah disetarakan menunjukkan rcrata kemampuan sedang, di mana kemampuan tertinggi adalah berpikir kritis (0r:2,66) dan kemampuan terendah adalah berpikir kreatif (0r:0,05). Terdapat 32 item yang memiliki kualitas baik yang dapat menjadi rintisan bank soal. (6) Rintisan bank soal Ekonomi memiliki kualitas yang sangat baik4l berdasarkan validasi ahli dan penilaian guru Ekonomi.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, kemampuan berfikir tingkat tinggi,
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Feb 2021 03:13
Last Modified: 26 Oct 2021 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70130

Actions (login required)

View Item View Item