Model Seleksi Masuk Program Pendidikan Keguruan Matematika.

Manfaat, Budi and Hadi, Samsul (2020) Model Seleksi Masuk Program Pendidikan Keguruan Matematika. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-budi manfaat-12701261012.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model seleksi yang sesuai untuk penerimaan mahasiswa baru program pendidikan keguruan matematika. Model tersebut memuat tiga komponen teknis yaitu asesmen, prediksi, dan keputusan. Setiap komponen teknis tersebut berisi instrumen, prosedur, dan orang. Penelitian difokuskan pada pembuktian validitas dan reliabilitas instrumen seleksi yang dihasilkan. Pengembangan model dilakukan mengikuti Roe, yaitu melalui enam tahapan: definisi, analisis, sintesis, simulasi, evaluasi, dan keputusan. Untuk pembuktian validitas, sampel diambil dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Unit sampelnya adalah mahasiswa program pendidikan guru matematika angkatan 2013/2014. Sampel berukuran 101 mahasiswa diperoleh dengan cara purposive sampling. Struktur datanya merupakan longitudinal dua waktu, yaitu sebelum dan setelah masa praktik pengajaran mikro. Data prediktor diambil pada akhir tahun kedua, sedangkan data kriteria diambil pada akhir tahun ketiga. Sebagai prediktornya adalah bakat keguruan yang direfleksikan oleh kemampuan penalaran, kecerdasan emosi, dan orientasi tujuan. Sementara kriterianya adalah kesuksesan studi yang direfleksikan oleh IPK dan performa praktik pengajaran mikro. Data hasil uji coba dianalisis menggunakan SEM─PLS untuk pembuktian validitas konvergen, validitas diskriminan, dan validitas prediktif. Disain model seleksi masuk program pendidikan keguruan matematika yang dihasilkan adalah berupa model seleksi dua-tahap (sekuensial). Tahap pertama adalah penyaringan berdasarkan Prior Learning Achievement (PLA) pada bidang studi matematika dan bahasa Indonesia. Tahap kedua adalah seleksi berdasarkan tes bakat keguruan yang berisi tes penalaran, kecerdasan emosi, dan orientasi tujuan. Sementara informasi tentang tipe kepribadian dijadikan sebagai bahan pertimbangan tambahan untuk penerimaan, juga sebagai bahan untuk pemberian saran alternatif kepada pelamar yang ditolak. Validitas dan reliabilitas instrumen telah terbukti berasarkan data empirik.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model seleksi, pendidikan keguruan, matematika, prestasi, kemampuan penalaran, kecerdasan emosi, orientasi tujuan, tipe kepribadian
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pascasarjana > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Feb 2021 04:13
Last Modified: 26 Oct 2021 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70107

Actions (login required)

View Item View Item