Pengembangan Skills Passport Assessment Model (SPAM) Klaster Instalasi Kontrol berbasis PLC di SMK.

Suhendar, Suhendar and Slamet, PH (2020) Pengembangan Skills Passport Assessment Model (SPAM) Klaster Instalasi Kontrol berbasis PLC di SMK. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-suhendar-16702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan skills passport assessment model (SPAM) yang valid, efektif, dan praktis sehingga layak digunakan dalam penilaian pencapaian kompetensi klaster instalasi kontrol (IK) berbasis programmable logic controller (PLC) di SMK kompetensi keahlian (KK) teknik instalasi tenaga listrik (TITL). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan pendekatan model ADDIE. Tahap pengembangan model dimulai dari studi pendahuluan, menganalisis kebutuhan, merencanakan produk awal, mengembangkan dan memvalidasi produk, uji coba, dan evaluasi. Pakar yang memvalidasi SPAM melalui teknik Delphi berasal dari unsur akademisi bidang kejuruan, praktisi industri dari PT. Mithsubishi, PT. Hexaef Indonesia, PT. Global Prima Kreasindo, PT. Omron Elektronik Indonesia, asosiasi pengusaha elektrical indonesia (APEI), dan asesor kompetensi mewakili LSP-P1 di SMK. Subjek utama penelitian adalah asesi yaitu siswa SMK kelas XII yang berasal dari: 1) SMKN 1, 4, dan 26, DKI; 2) SMKN 2 Kota Serang dan Pandeglang, Banten; 3) SMKN 1 Kota Sukabumi, SMKS Taruna Bangsa Kota Bekasi, SMKN 2 Kota Bekasi dan Garut, Jawa Barat; 4) SMKN 1 Pengasih Yogyakarta. Hasil validasi isi dan tampang dianalisis menggunakan V-Aiken. Validitas konstruk tes objektif divalidasi menggunakan analisis korelasi point biserial (r-pbis). Konstruk tes praktek dan sikap divalidasi menggunakan confirmatory factor analysis. Sedangkan uji pembuktian reliabilitas tes objektif menggunakan analisis KR-20 dan tes praktek serta tes sikap menggunakan analisis Alpha Cronbach. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa SPAM yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam penilaian pencapaian kompetensi lulusan SMK pada klaster IK-PLC karena dikembangkan merujuk kepada SKKNI dan masukan dari praktisi PLC di DUDI. SPAM yang dikembangkan terdiri dari: 1) instrumen penilaian pencapaian kompetensi, 2) buku paspor keterampilan (skills passport), 3) sertifikat kompetensi, 4) buku panduan SPAM, dan 5) alur model pengembangan dan pelaksanaan SPAM di SMK. SPAM yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, efektif dan praktis sehingga layak untuk digunakan lebih lanjut dalam penilaian pencapaian kompetensi oleh siswa pada KK-TITL. Mayoritas siswa sebagai asesi di 10 SMK yang menjadi subjek penelitian dalam asesmen sertifikasi klaster IK-PLC masih dalam kategori belum kompeten bahkan tidak kompeten. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam hasil capaian kompetensi IK-PLC oleh asesi antar-SMK yang menjadi subjek uji coba. Ketiga aspek penilaian sertifikasi kompetensi: pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara individual maupun simultan telah memberikan konstribusi yang signifikan terhadap hasil akhir KPK IK-PLC. Siswa sebagai asesi dan guru sebagai asesor telah memberikan respon dan menilai bahwa pelaksanaan ASK IK-PLC sangat obektif, efektif, dan praktis serta menyatakan setuju jika model tersebut diimplementasikan lebih lanjut. Buku skills passport, sertifikat kompetensi, dan buku panduan pelaksanaan SPAM bagi asesor menjadi raw model hasil penelitian dan pengembangan untuk dapat segera disosialisasikan lebih lanjut kepada guru mata pelajaran produktif yang juga asesor kompetensi pada KK yang sama atau KK lainnya di SMK yang berbeda.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: assessment, klaster, kompetensi, PLC, sertifikasi, skills passport, SPAM
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:49
Last Modified: 31 May 2021 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70086

Actions (login required)

View Item View Item