Pengembangan Model Pembelajaran Employability Skills Berbasis Kebutuhan Industri Otomotif pada SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Suhartanta, Suhartanta and Sofyan, Herminarto (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Employability Skills Berbasis Kebutuhan Industri Otomotif pada SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-suhartanta-11702261001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan: (1) deskripsi tentang aspek-aspek employability skills yang sudah dikembangkan pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO); (2) deskripsi tentang kesenjangan antara aspek-aspek employability skills yang menjadi tuntutan industri otomotif dan aspek-aspek employability skills yang sudah dikembangkan pada siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO; (3) model pembelajaran employability skills yang layak untuk diterapkan pada siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO; dan (4) model pembelajaran employability skills yang efektif untuk diterapkan pada siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO. Pendekatan penelitian ini mengacu pada penelitian dan pengembangan dari Richey & Klein. Tahapan penelitiannya meliputi pengembangan model dan validasi model. Pengembangan model dilakukan dengan metode survey. Validasi model meliputi validasi internal dan eksternal. Validasi internal dilakukan melalui expert review dan focus group discussion (FGD), sedangkan validasi eksternal menggunakan experimen dengan cara mengujicobakan pada subjek penelitian. Instrumen diuji validitasnya melalui validitas konstruk (construct validity) dengan menggunakan pendapat dari ahli (expert judgement). Instrumen yang berupa lembar observasi kinerja employability skills diuji reliabilitasnya dengan inter-rater reliability (IRR). Koefisien IRR yang digunakan adalah koefisien kesepakatan Cohen Kappa (K) dan didapatkan K =0,8903 (sangat baik). Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) aspek-aspek employability skills yang sudah dikembangkan pada siswa SMK Kompetensi Keahlian TKRO yaitu: keterampilan teknologi, keterampilan berprakarsa, keterampilan belajar, dan keterampilan manajemen diri; (2) kesenjangan antara employability skills yang diinginkan oleh pihak industri dan kondisi riil yang ada di SMK ditemukan pada aspek keterampilan berkomunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, dan mengelola kegiatan; (3) model pembelajaran employability skills yang layak diterapkan pada siswa SMK yaitu cooperative learning on project based learning (Coopel Project); (4) Model Coopel Project sangat efektif untuk mengembangkan aspek-aspek employability skills. Keefektifan model terlihat dari kecenderungan peningkatan kinerja aspek-aspek employability skills per minggunya dari pertemuan pertama sampai dengan pertemuan ketujuh. Adapun peningkatan kinerja aspek employability skills sebagai berikut: (1) aspek keterampilan berkomunikasi meningkat dari Belum Terlihat (1,20) menuju Membudaya (4,72); (2) aspek keterampilan kerja tim dari Belum Terlihat (1,16) menjadi Mulai Terbiasa (4,46); dan (3) aspek keterampilan pemecahan masalah dari Belum Terlihat (1,08) menuju Membudaya (4,59).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: employability skills, model pembelajaran, pendidikan kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:46
Last Modified: 22 Jun 2021 07:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70085

Actions (login required)

View Item View Item