Model Pengelolaan Teaching Factory d i SMK.

Sanatang, Sanatang and Soenarto, Soenarto (2020) Model Pengelolaan Teaching Factory d i SMK. S3 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
disertasi-sanatang-14702269009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Memotret model pengelolaan teaching factory SMK di Sulawesi Selatan saat ini; (2) menghasilkan model pengelolalaan teaching factory yang baik untuk SMK; (3) menghasilkan model pengelolalaan teaching factory yang efektif, efisien, dan praktis untuk SMK. Untuk mencapai tujuan tersebut maka dilaksanakan penelitian dan pengembangan mengikuti 4D Model oleh Thiagarajan dengan 4 langkah yaitu: (1) define yang meliputi studi pendahuluan melalui kajian literatur dan observasi lapangan; (2) design yaitu rancangan model yang didasarkan pada latar belakang, kajian teori, model existing, kerangka pikir, dan model konseptual; (3) development yaitu pengembangan model yang bersumber dari hasil design, penilaian model oleh para expert melalui focus group discussion (FGD), revisi, dan uji lapangan; (4) dissemination adalah penyebarluasan model hasil pengembangan melalui sosialisasi kepada pihak-pihak terkait. Hasil penelitian ini dinilai oleh pakar dari kalangan akademisi (SMK dan perguruan tinggi, pegawai dari instansi pemerintah terkait, dan DUDI), uji lapangan melalui responden unit dari akademisi, pemerintah, dan DUDI. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) model pengelolalaan teaching factory di SMK Sulawesi Selatan saat ini; (2) dihasilkan model pengelolalaan teaching factory di SMK yang diberi nama model TEFA-GESIT, terdiri dari komponen pengelolaan yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan yang dilengkapi dengan panduan model; (3) Model TEFA-GESIT memenuhi kriteria model yang sangat baik, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian validator sebesar 3,53 (skor maksimum 4) termasuk kriteria sangat baik yaitu antara 3,53-3,80. (3) Panduan model memenuhi kriteria sangat baik, yang ditunjukkan pada hasil skor rata-rata sebesar 3,62 (skor maksimum 4) termasuk kriteria sangat baik yaitu antara 3,31-3,83. (4) Model TEFA-GESIT memenuhi kriteria model yang efektif, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,43 (skor maksimum 4) termasuk kriteria baik yaitu antara 3,15-3,70. (5) Model TEFA-GESIT memenuhi kriteria model yang efisien, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata sebesar 3,36 (skor maksimum 4) termasuk kriteria baik yaitu antara 3,11-3,62. (6) Model TEFA- GESIT memenuhi kriteria model yang praktis, hal ini ditunjukkan pada hasil skor rata-rata penilaian sebesar 3,52 (skor maksimum 4) termasuk kriteria baik yaitu antara 3,26-3,77. Dengan demikian disimpulkan bahwa model TEFA-GESIT adalah model yang baik, efektif, efisen, dan praktis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Model TEFA-GESIT, pengelolaan, teaching factory.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 18 Feb 2021 07:39
Last Modified: 31 May 2021 06:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/70083

Actions (login required)

View Item View Item