PENYELARASAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGIDAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER

Sri, Andayani (2011) PENYELARASAN TEKNOLOGI INFORMASI DI PERGURUAN TINGGIDAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBANGUNAN KARAKTER. Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. ISSN 978-979-17763-3-2

[img]
Preview
Text
Makalah Peserta 8 - Sri Andayani.pdf

Download (466kB) | Preview
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Teknologi informasi (TI) telah berhasil digunakan sebagai perangkat untuk meningkatkan kinerja organisasi dan memberikan solusi efektif dan inovatif terhadap problem-problem tradisional.Dalam praktiknya, teknologi ini membutuhkan penyelarasan dengan lingkungan tempat implementasinya. Penyelarasan TI dibutuhkan untuk menghindari munculnya „penyakit‟ dalam manajemen dan membengkaknya biaya TI yang tak dapat dihindari.Di perguruan tinggi, penyelarasan TI muncul dalam berbagai aspek administrasi dan akademik. Dalam bidang akademik, penyeselarasan tersebut tampak dalam berbagai upaya mengintegrasikan TI guna meningkatkan kualitas proses, output dan outcomepembelajaran yang dilakukan di PT. Pemanfaatan TI tersebut semakin mudah dan meluas seiring dengan lahirnya web dalam jaringan internet dan intranet. Kehadiran TI dalam pembelajaran telah melahirkan pola sikap pembelajaran yang membutuhkan kombinasi kompetensi tertentu yang sangat terkait dengan intelektual, emosi, dan dinamika sosial dalam proses pembelajaran. Dengan demikian sangat dimungkinkan pembelajaran terintegrasi TI akan mempunyai pengaruh yang positif dalam pembangunan karakter mahasiswa, yang dapat menciptakan pebelajar sepanjang hayat. Kata Kunci: penyelarasan teknologi informasi, pendidikan karakter.

Item Type: Article
Subjects: Prosiding > LSM XIX
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ
Date Deposited: 30 Oct 2012 01:01
Last Modified: 30 Oct 2012 01:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6989

Actions (login required)

View Item View Item