Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Permainan Bola Besar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik SMA.

Adrizal, Mohd and Guntur, Guntur (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Materi Permainan Bola Besar Mata Pelajaran PJOK Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-mohd. adrizal-18711251010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrument tes yang layak dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam pengukuran kognitif kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi permainan bola besar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kerinci, dan (2) mengetahui karakteristik instrumen kognitif kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi permainan bola besar mata pelajaran PJOK peserta didik kelas X SMA Negeri di Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan model pengembangan modifikasi pada model Wilson, Orindo, dan Antonio. Terdapat beberapa tahapan dalam model tersebut, yaitu: (1) merancang tes, (2) melakukan uji coba tes, dan (3) melakukan pengukuran tes. Dalam merancang tes terdapat tujuh tahapan, yaitu: menentukan tujuan tes, menentukan indikator dan kompetensi, menentukan materi, menyusun kisi-kisi tes, penulisan butir soal berdasarkan indikator, memvalidasi butir soal, dan merevisi butir soal. Subjek ujicoba dalam penelitian ini terdiri dari 152 siswa, dan subjek pengukuran terdiri dari 156 siswa. Produk instrument tes dinilai oleh para ahli melalui lembar validasi isi. Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa instrument tes layak dan memenuhi syarat untuk digunakan dalam pengukuran, hal ini dibuktikan melalui telaah oleh para ahli terhadap kebenaran konsep, bahasa, serta teknik dalam penulisan, dengan perolehan rata-rata indeks Aiken sebesar 0,837. Instrumen tes juga memiliki karakteristik unidimensi dengan nilai eigen sebesar 7,025 dan persen cumulative sebesar 23,418%. Nilai infit MNSQ terhadap 30 butir soal berada dalam rentang 0,77 sampai 1,33. Hasil nilai fungsi informasi sebesar 17,631 dengan nilai kesalahan pengukuran sebesar 0,238 dan kemampuan berada pada nilai 0,05. Analisis dari pengukuran kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik menunjukkan level kemampuan Sangat Tinggi (0,00%), Tinggi (21,15%), Sedang (76,28%), Rendah (2,56%), dan Sangat Rendah (0,00%).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrument tes, penilaian, kemampuan berpikir tingkat tinggi, bola besar, SMA
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:44
Last Modified: 21 Apr 2022 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69861

Actions (login required)

View Item View Item