engembangan Media Pembelajaran Materi Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VII.

Zufrianingrum, Herina and Sukarmin, Yustinus (2020) engembangan Media Pembelajaran Materi Pola Makan Sehat, Bergizi, dan Seimbang untuk Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Kelas VII. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-herina zufrianingrum-16711251052.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang diketahui bahwa terdapat permasalahan gizi pada peserta didik, terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengalami malnutrisi. Kurangnya pengetahuan dan penyajian materi yang kurang menarik akan memengaruhi pada kondisi peserta didik. Media pembelajaran yang akan dikembangkan memuat materi pola makan sehat, bergizi, dan seimbang. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran materi pola makan sehat, bergizi, dan seimbang untuk peserta didik SMP kelas VII dan (2) mengetahui keefektifan pengembangan media pembelajaran materi pola makan sehat, bergizi, dan seimbang untuk peserta didik SMP kelas VII. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D) dari Thiagarajan (1974) dengan tahapan 4 D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan dissemination (diseminasi). Validasi dilakukan oleh para pakar di bidangnya dengan ahli materi dan ahli media. Uji coba terdiri atas uji coba skala kecil, uji coba skala besar, dan uji lapangan operasional. Subjek yang berpartisipasi dalam penelitian ini berjumlah 122 peserta didik SMP kelas VII pada lima SMP Negeri kecamatan Banguntapan. Teknik pengumpulan data penelitian dengan menggunakan pengisian kuesioner dan tes berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan paired samples test dengan bantuan software SPSS. Hasil penelitian ini adalah menciptakan media pembelajaran yang dikembangkan menggunakan software adobe flash player yang dikemas dalam bentuk CD. Media pembelajaran yang dikembangkan tergolong “sangat layak” berdasarkan pada hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian pretest dan posttest dengan menggunakan uji-t diketahui nilai t hitung > t tabel sebesar 11,998 > 2,00856 dengan nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pembelajaran materi pola makan sehat, bergizi, dan seimbang efektif untuk meningkatkan kognitif peserta didik SMP kelas VII.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pola makan, sehat, bergizi, seimbang
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:24
Last Modified: 12 Jan 2021 07:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69860

Actions (login required)

View Item View Item