Pengembangan Model Latihan Taktik Penyerangan Sepakbola Berbasis Jumlah Pemain untuk Meningkatkan Taktik Penyerangan pada Atlet KU 12 Tahun.

Jaya, Hendra and Lumintuarso, Lia (2020) Pengembangan Model Latihan Taktik Penyerangan Sepakbola Berbasis Jumlah Pemain untuk Meningkatkan Taktik Penyerangan pada Atlet KU 12 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-hendra jaya-17711251086.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan model latihan taktik penyerangan sepakbola berbasis jumlah pemain pada atlet KU 12 tahun yang layak digunakan. Model latihan taktik penyerangan sepakbola berbasis jumlah pemain pada atlet KU 12 diharapkan efektif terhadap peningkatan kemampuan taktik penyerangan sepakbola. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain draf awal, (3) validasi draf awal dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir, dan (7) uji efektivitas. Uji coba skala kecil di SSB Matra. Uji coba skala besar dilakukan di SSB Baturetno dan SSB Gelora Muda. Uji Efektivitas dilakukan di SSB Gelora Muda. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) panduan wawancara, (2) angket dan kuesioner, (3) dan instrumen uji efektivitas berupa tes unjuk kerja. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada skala penilaian, uji t pada uji efektifitas dan deskriptif kualitatif pada masukan penilaian produk dan hasil wawancara. Hasil penelitian ini yaitu Telah dikembangkan buku model latihan taktik penyerangan sepakbola berbasis jumlah pemain pada atlet KU 12 tahun yang dikembangkan layak digunakan. Model latihan tersebut terdiri atas 9 model dengan berbasis jumlah pemain. Penilaian ahli media persentase sebesar 98,67% masuk dalam kategori baik/layak dan penilaian ahli materi persentase sebesar 87,27% masuk dalam kategori sangat baik/ sangat layak. Model latihan taktik penyerangan sepakbola berbasis jumlah pemain efektif untuk meningkatkan kemampuan taktik sepakbola, dilihat dengan nilai signifikansi < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model latihan, taktik, sepakbola
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Jan 2021 07:16
Last Modified: 12 Jan 2021 07:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69857

Actions (login required)

View Item View Item