Pengaruh Metode Latihan Triceps Press Down, Seated Rowing dan Daya Tahan terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan Pada Atlet Panahan.

Noviantoro, Eko Dwigri and Irianto, Djoko Pekik (2020) Pengaruh Metode Latihan Triceps Press Down, Seated Rowing dan Daya Tahan terhadap Peningkatan Kekuatan Otot Lengan Pada Atlet Panahan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-eko dwigri noviantoro-17711251074.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode latihan triceps press down, seated rowing dan daya tahan terhadap peningkatan kekuatan otot lengan pada atlet panahan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Populasi penelitian berjumlah 26 atlet panahan di Klub Kabupaten Kulon Progo. Sampel penelitian berjumlah 24 atlet ditentukan dengan menggunakan rumus slovin. Pengumpulan data dengan tes pull up untuk daya tahan dan tes holding bow digitec untuk pretes dan posttes. Analisis menggunakan ANOVA pada taraf signifikasi 0.05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) Latihan triceps press down mempunyai rata-rata 18.75 lebih tinggi (baik) sedangkan latihan seated rowing mempunyai rata-rata 17.67. Hal ini menyatakan ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara latihan triceps press down dan latihan seated rowing terhadap peningkatan kekuatan otot lengan pada atlet panahan. Nilai signifikansi p sebesar 0,027 < 0,05. (2) Hasil analisis menunjukkan kelompok atlet yang memiliki daya tahan otot tinggi sebesar 19,67 lebih tinggi (baik) sedangkan atlet yang memiliki daya tahan otot rendah sebesar 16,75. Hal ini menyatakan Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara atlet yang memiliki daya tahan otot tinggi dan rendah terhadap peningkatan kekuatan otot lengan pada atlet panahan. Nilai signifikansi p sebesar 0,000< 0,05. (3) Hipotesis menyatakan ada interaksi yang signifikan antara latihan triceps press down dan latihan seated rowingdengan daya tahan otot (tinggi dan rendah) terhadap kekuatan otot lengan pada atlet panahan. Nilai signifikansi p sebesar 0,000< 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Latihan Triceps Press Down, Latihan Seated Rowing, Daya Tahan, Kekuatan Otot Lengan.
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:37
Last Modified: 07 Jan 2021 07:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69844

Actions (login required)

View Item View Item