Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas Atas Melalui Penerapan Model Pembelajaran TPSR Dalam Pembelajaran PJOK di MI Falahussyabab Yogyakarta.

Marga, Muhammad Mandala Putra and Anwar, Muhammad Hamid (2020) Upaya Meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Sosial Siswa Kelas Atas Melalui Penerapan Model Pembelajaran TPSR Dalam Pembelajaran PJOK di MI Falahussyabab Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
tesis-muhammad mandala putra marga-17711251071.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: meningkatkan kemampuan guru dalam mengajarkan tanggung jawab kepada peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR) dengan menekankan pada tanggung jawab peserta didik. Partisipan dalam penelitian ini adalah guru mata PJOK dan seluruh peserta didik kelas berjumlah 44 orang peserta didik terdiri dari 25 orang peserta didik laki laki dan 19 orang peserta didik perempuan di MI Falahussyabab Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020. Data penelitian ini diperoleh dari hasil diskusi, wawancara, dan observasi semua informasi tekstual yang dituangkan dalam dokumen proses penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik analisis dokumen. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Dalam siklus pertama, didapat hasil diskusi bersama guru untuk memperoleh pemahaman yang komperhensif tentang penelitian tindakan kelas dan Teaching Personal and Social Responsibility (TPSR). (2) Dalam siklus kedua, didapat suatu kemampuan pemahaman mengenai pembuatan rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) berbasis TPSR. (3) Dalam siklus ketiga guru dapat mengimplementasikan RPP berbasis TPSR dalam mengajarkan tanggung jawab sosial kepada peserta didik kelas atas dalam pembelajaran penjasorkes. Setelah dilakukannya tindakan pada siklus I, II, dan III didapat peningkatan kemampuan guru dalam mengajarkan tanggung jawab sosial kepada peserta didik kelas atas di madrasah ibtidaiyah Falahussyabab Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran TPSR, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, PTK
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Jan 2021 07:15
Last Modified: 07 Jan 2021 07:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69843

Actions (login required)

View Item View Item