Model Latihan Shooting Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Teknik Shooting Bola Basket.

Hasibuan, ahmad Riady and Lismadiana, Lismadiana (2020) Model Latihan Shooting Berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) untuk Meningkatkan Teknik Shooting Bola Basket. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-ahmad riady hasibuan-17711251047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan set shoot, jump shoot, dan lay-up shoot pada permainan bola basket berbasis SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) agar layak digunakan dalam segi materi dan media, serta efektif untuk meningkatkan kemampuan shooting bola basket pada latihan ekstrakurikuler di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan menurut Sugiyono. Pengumpulan data menggunakan angket penilaian untuk menilai model latihan shooting permainan bola basket berbasis SAVI. Model yang dikembangkan diujicobakan pada kelompok kecil di SMAN 6 Yogyakarta (n= 6 siswa), pada kelompok besar di SMAN 4 Yogyakarta dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (n= 14 siswa) dan uji efektifitas di MAN 1 Yogyakarta (n=10 siswa). Analisis data pada uji coba model menggunakan desain penelitian pengembangan berdasarkan pendapat ahli media dan materi, sedangkan uji coba efektivitas model dalam meningkatkan kemampuan shooting menggunakan Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model latihan shooting yang dikembangkan menurut penilaian ahli media 88,24% masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak dan menurut penilaian ahli materi 85,71% masuk dalam kategori sangat baik/sangat layak. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa kemampuan set, jump, dan lay-up shoot semua subjek penelitian meningkat dengan nilai pretest set shoot 4.30 dan posttest 6.30 dengan selisih 2.00 (p=0.005), jump shoot meningkat dari nilai pretest 3.60 dan posttest 6.30 dengan selisih 2.70 (p=0.005), sedangkan lay-up shoot meningkat dari pretest 5.10 dan posttest menjadi 7.40 dengan selisih 2.30 (p=0.005). Dapat disimpulkan bahwa model latihan shooting yang dikembangkan sangat layak dari segi media dan materi dan efektif meningkatkan kemampuan shooting pada latihan ekstrakurikuler bola basket di SMA.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: latihan, model, pembelajaran, SAVI, shooting
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:08
Last Modified: 21 Apr 2022 03:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69821

Actions (login required)

View Item View Item