Sumargiyani, Sumargiyani (2011) PERAN PENGAJAR DALAM MEMBANGKITKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA. Peran ICT untuk Mendukung Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika. ISSN 978-979-17763-3-2
|
Text
Makalah Peserta 14 - Sumargiyani.pdf Download (760kB) | Preview |
Abstract
Mahasiswa belajar matematika diperlukan adanya motivasi baik motivasi intrinsik atau motivasi ekstrinsik. Dalam proses belajar mengajar di kelas pengajar dapat berperan membangkitkan motivasi belajar dengan menerapkan berbagai macam strategi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tanggapan mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta TA 2009/2010 yang mengambil mata kuliah matematika dasar tentang strategi yang dilakukan pengajar untuk memotivasi mahasiswa dalam belajar matematika ?apakah strategi yang dilakukan pengajar berhasil ataukah tidak dalam memotivasi mahasiswa dalam belajar?. Dengan jumlah populasi 164 mahasiswa dengan sampel sebanyak 40 mahasiswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh hasil : hampir seluruh mahasiswa termotivasi untuk belajar matematika karena pengajar menjelaskan tujuan belajar dan penyampaian materi secara jelas, adanya pemberian hadiah berupa bonus nilai, adanya kompetisi yang sehat, membangkitkan dorongan kepada anak didik untuk belajar dan membentuk kebiasaan belajar yang baik. Kata kunci : pengajar, motivasi belajar, matematika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Prosiding > LSM XIX |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Sarwo Hadi ꦱꦼꦠꦾꦤ |
Date Deposited: | 30 Oct 2012 01:01 |
Last Modified: | 30 Oct 2012 01:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6980 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |