Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Sosial Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Kota Yogyakarta.

Pratiwi, Tina and Farozin, Moh (2020) Pengembangan Materi Bimbingan Klasikal Bidang Sosial Pada Siswa Kelas VII Di SMP Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
tesis-tina pratiwi-17713251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan materi bimbingan klasikal yang layak khususnya bidang sosial. Materi tersebut dapat digunakan oleh guru Bimbingan dan Konseling yang mengampu peserta didik kelas VII. Pembuatan materi dilakukan karena di lapangan masih terdapat beberapa guru Bimbingan dan Konseling di sekolah kurang mempersiapkan materi bimbingan klasikal bidang sosial secara baik. Terdapat sekolah yang belum menyediakan materi layanan bimbingan klasikal sehingga mengharuskan guru Bimbingan dan Konseling mencari materi di internet dengan sumber yang kurang valid di internet. Metode penelitian yang digunakan Research & Development, adaptasi dari model pengembangan Borg and Gall. Sasaran penelitian pengembangan yaitu siswa kelas VII SMP Negeri Kota Yogyakarta. Analisis kebutuhan berdasarkan hasil penyebaran Instrumen Need Assesment Topik Bimbingan Klasikal Bidang Sosial (INATBKBS) pada siswa kelas VII SMP Negeri Kota Yogyakarta di 14 sekolah dengan subyek 353 siswa. Penelitian ini menghasilkan materi bimbingan klasikal bidang sosial yang telah melalui tahap uji kelayakan oleh 2 ahli materi dan 12 praktisi. Pelaksanaan validasi dengan praktisi yaitu melalui Focus Group Discussion (FGD). Instrumen pengumpulan data untuk validasi menggunakan lembar validasi dan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa materi bimbingan klasikal bidang sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri Kota Yogyakarta yang layak digunakan menurut ahli materi dan ahli praktisi. Hasil validasi oleh dua ahli bimbingan dan konseling bidang sosial mendapatkan nilai 79% dalam kategori sangat baik. Dan hasil validasi ahli praktisi oleh dua belas guru Bimbingan dan Konseling mendapatkan skor rata-rat penilaian 97% dalam kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Materi Bimbingan Klasikal, Bimbingan Sosial, Siswa kelas VII SMPN.
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Dec 2020 07:22
Last Modified: 08 Nov 2021 04:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69765

Actions (login required)

View Item View Item