PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH PRAKTIK BAHASA PEMROGRAMAN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY

Mabruri, Muhammad Husen (2020) PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM PADA MATA KULIAH PRAKTIK BAHASA PEMROGRAMAN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Husen Mabruri 14502241015.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran mata kuliah praktek bahasa pemrograman yang ada saat ini kurang efektif dan terstuktur sehingga membutuhkan bahan ajar berupa modul.Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menghasilkan Modul Pembelajaran yang efektif untuk mata kuliah Praktik Bahasa Pemrograman di Program Studi Pendidikan Teknik Elektronikadan informatika , Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakartadan (2) Mengujikelayakan Modul Pembelajaran untuk mata kuliah Praktik Bahasa Pemrogramanberdasarkan ahli materi, ahli media dan responden.Penelitian ini merupakan pengembangan bahan ajar pada mata kuliah praktek bahasa pemrograman dengan menggunakan metode penelitianmenurut Anik Ghufron yang menbagi tahap pengembangan menjadi 4 tahap, antara lain : (1)Studi pendahuluan (2)Pengembangan (3)Uji lapangan (4)Desiminasi dengan memiliki 7bab pembelajaran. Metode pengumpulan data melibatkan 2 ahli materi, 2 ahli media dan 15 responden mahasiswa jurusan pendidikan teknik elektronika angkatan 2016. Teknis analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.Hasil pengembangan menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar menurut ahli materi memperoleh tingkat kelayakan 86,97%Sangat Layak, menurut ahli media memperoleh tingkat kelayakan 86,69%Sangat Layak, sedangkan menurut respondenmemperoleh tingkat kelayakan81,97%Sangat Layak. Hal ini menunjukkan bahwa modul mata kuliah praktek bahasa pemrograman telah layak dan sesuai sebagai bahan ajar pada pembelajaran praktek bahasa pemrograman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Modul, Praktek Bahasa Pemrograman
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Dec 2020 06:02
Last Modified: 21 Dec 2020 06:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/69762

Actions (login required)

View Item View Item